Kodim Aceh Besar Semangati Peringatan Hari Disabilitas Internasional

KBRN, Banda Aceh : Kodim 0101/Aceh Besar mendukung sepenuhnya kegiatan Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021 yang diadakan oleh Dewan Pengurus Daerah Persatuan Tuna Netra Indonesia (DPD-Pertuni) Aceh dan Dewan Pengurus Pusat Persatuan Tuna Netra Aceh (DPP-Pertuna).

Penegasan itu disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0101/Aceh Besar Kolonel Inf Muhammad Nas, SIP, MSi diwakili Pasi Ops Mayor Inf Wahidin kepada RRI usai membuka aneka lomba yang diadakan dalam rangka memeriahkan HDI 2021 di Lapangan Tenis Indoor Jasdam IM, Neusu Jaya, Banda Aceh, Kamis (2/12/2021).

Menurutnya, dengan memberi dukungan dan semangati terhadap para penyandang disabilitas maka dengan mereka tidak merasa dikucilkan dan dapat berkiprah sama dengan orang biasa dalam mengikuti berbagai kegiatan keagamaan, pendidikan dan sosial termasuk aneka lomba dalam ramgka HDI 2021 tersebut.

“Untuk mereka kalangan penyandang disabililitas dapat berkiprah dengan berbagai kegiatan tentunya sangat membutuhkan dukungan dari Pemko Banda Aceh, kalaupun selama ini sudah ada dukungan belum maksimal sebagaimana yang diharapkan,”demikian Wahidin.

Sementara itu penanggungjawab kegiatan M Nur Abdullah mengatakan, acara yang diadakan pihaknya merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya dimaksudkan ingin memperlihatkan kepada masyarakat bahwa penyandang disabiltas juga bisa berbuat seperti yang dilakukan oleh orang normal atau biasa.

“Kami juga sedang menuntut hak-hak kami yang selama ini diabaikan oleh pemerintah Aceh dan pemerintah Indonesia berdasarkan Undang-Undang nomor 8 yang telah mengatur secara jelas masalah penyandang disabilitas seperti masalah pendidikan, kesehatan dan tenaga kerja untuk dijadikan Qanun yang mengatur khusus masalah menyandang disabilitas di Aceh,”tuturnya.

M Nur Abdullah yang juga ketua DPD Pertuni Aceh menambahkan, memeriahkan peringatan HDI 2021 ini pihaknnya mengadakan serangkaian kegiatan yaitu dialok interaktif di RRI Banda Aceh, seminar empat pilar, konvoi keliling kota dan aneka lomba.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021 di Aceh yang diadakan secara sederhana mengusung tema menumbuhkan kesadaran dalam penghormatan, perlindungan dan peneuhan hak-hak penyandang disabilitas secara inklusi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar