BMKG Aceh Peringatkan Potensi Hujan Berbasis Dampak Kategori III dan IV di Sejumlah Wilayah

logo_bmkg.jpg

KBRN, Banda Aceh: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh merilis  peringatan dini prakiraan cuaca potensi curah hujan lebat dan berbasis dampak pada kategori III dan IV yang diperkirakan terjadi di sejumlah wilayah di Aceh pada Rabu (1/12/2021).

Menurut Prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh, Arum Adha Larasati pada kategori ini potensi dampak yang dapat terjadi berupa jalanan basah, licin atau jarak pandang berkurang. Selain itu juga dapat berdampak pada gangguan lalu lintas, serta genangan air di daerah pesisir atau dataran rendah dengan skala menengah.

Dijelaskan, Kabupaten/Kota yang diprakirakan hujan berbasis dampak pada kategori IV meliputi wilayah Aceh Utara, Langsa, Aceh Tamiang, dan Aceh Timur.

Sementara untuk wilayah dengan potensi cuaca berbasis sampak kategori III di antaranya Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Bener Meriah, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Kota Lhokseumawe, Gayo Lues, Aceh Tenggara, dan Kota Subulussalam.

Lebih lanjut, Arum juga menyebutkan kondisi curah hujan yang tinggi sangat berpeluang terjadinya bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan tanah longsor. Untuk itu dia mengimbau masyarakat, khususnya di daerah-daerah rawan bencana untuk waspada.

“kepada masyarakat kami imbau untuk waspada potensi curah hujan tinggi. Meskipun intensitas hujan ringan hingga sedang, namun apabila terjadi dengan durasi yang lama tetap perlu diwaspadai,” imbaunya.

Arum menambahkan rata-rata suhu udara di wilayah Aceh berkisar 23 – 30 derajat celcius, dengan kelembaban udara cukup tinggi yakni 62-95 persen. Menurutnya tidak terdapat potensi angin kencang pada hari ini, di mana kecepatan angin secara umum pada 0 – 20 km/jam.  

Selanjutnya, Arum mengatakan ketinggian gelombang laut di perairan Aceh pada kategori aman untuk aktivitas pelayaran. Untuk perairan Sabang – Banda Aceh, perairan Utara Sabang, perairan Barat Aceh, dan perairan Samudra Hindia Barat Aceh tinggi gelombang laut berkisar 1,25 – 2,5 meter.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar