Pelatihan Ekspor Komoditi di Bener Meriah

KBRN, Banda Aceh : Plt. Bupati Bener Meriah yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si membuka Kegiatan Pelatihan Ekspor Komoditi Bagi Pengusaha dan Calon Pengusaha Muda Kabupaten Bener Meriah, bertempat di Aula Rembele Cafe Bener Meriah, Senin (29/11/2021).

Pelatihan ini diselenggarakan berkat kerjasama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bener Meriah dengan Bank Aceh Syariah Cabang Bener Meriah guna mendapatkan pengetahun dasar ekspor (Basic Export) bagi pengusaha muda Kabupaten Bener Meriah.

Dalam laporannya Ketua Penyelenggara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bener Meriah Abd. Kadir, ST, M.Si menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan strategi dasar ekspor sehingga para pengusaha dapat memahami langkah-langkah untuk mengubah usahanya ke arah ekspor, munculnya eksportir tangguh dan terciptanya lapangan pelerjaan.

Jumlah peserta yang mengikuti basic export training ini adalah sebanyak 20 orang dari kalangan milenial yang diselenggarakan selama 2 hari 29-30 November 2021 dengan sumber dana CSR Bank Aceh Syariah Cabang Bener Meriah.

Sementara Kepala Bank Aceh Syariah Cabang Bener Meriah Zaki dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bank Aceh Syariah adalah lembaga keuangan milik Pemerintah Daerah. "Oleh karena itu kami akan siap mendukung setiap program-program pemerintah yang bertujuan dalam peningkatan perekonomian daerah dan peningkatan sumber daya manusia," ujarnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bener Meriah dalam arahannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bener Meriah mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini, tentunya harus dengan hasil dan tujuan yang jelas.

Pada penutupan nantinya kami akan berusaha menyempatkan diri hadir dan akan melihat apakah peserta benar-benar dapat menyerap materi dan adanya peningkatan pengetahuan dalam usaha ekspor agar pelatihan ini benar-benar bermanfaat dan ada hasilnya sehingga anggaran yang dikeluarkan tidak sia-sia begitu saja.

Terakhir kepada para OPD/Mewakili yang hadir saat ini harus mengambil peran dalam pendukung peningkatan usaha masyarakan ke arah ekspor mengingat komoditi yang kita miliki adalah komoditi ekspor sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Oleh karena itu OPD terkait harus benar-benar terlibat melakukan pembinaan mulai dari peningkatan kualitas dan kuantitas komoditi sampai kepada fasilitasi pemasaran komoditi sampai ke tingkat ekspor.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar