HGN 2021, Guru Sumbang Puluhan Kantong Darah Untuk UTD RSUD Singkil

Giat Sejumlah Guru di Singkil yang sedang berdonor
Petugas memeriksa kondisi kesehatan para pendonor

KBRN, Singkil : Melalui momentum peringatan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ke-76, dan Hari Guru Nasional (HGN) 2021. Guru di Kabupaten Aceh Singkil, berhasil menyumbangkan puluhan kantong darah untuk kebutuhan stok di Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Umum Daerah  (UTD RSUD) Aceh Singkil.

Puluhan kantong darah ini berhasil dikumpulkan para Guru - guru itu, bekerjasama dengan tim Palang Merah Indonesia (PMI) Singkil, dan sejumlah Tenaga Kesehatan (Nakes) dari RSUD setempat.

Ketika dikonfirmasi Direktur RSUD Aceh Singkil, melalui Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD setempat. Nisnawati mengatakan, hasil dari kegiatan donor darah yang dilakukan PMI dan Guru - guru pada agenda HUT PGRI dan HGN kali ini bisa menambah stok darah di UTD RSUD. 

" Sedikitnya, ada 31 kantong kantong  dengan berbagai jenis golongan stok darah yang berhasil dikumpulkan," Sebut Nisnawati. Sabtu (27/11/2021)

Kemudian diungkapkanya, dengan adanya tambahan stok darah tersebut, dipastikan untuk dua pekan kedepan stok darah di UTD RSUD setempat sementara diperkirakan tercukupi.

" Sempat kosong. Namun, dengan adanya tambahan beberapa pekan kedepan terpenuhi." Tambahnya 

Sebab selama ini Pandemi Covid-19,  kata Nisnawati,  kesadaran masyarakat untuk berdonor tergolong minim. 

" Jika ada pasien yang membutuhkan, kami hanya meminta partisipasi dari keluarga pasien itu sendiri." Tutupnya

Sementara itu, terkait kondisi minimnya stok darah di UTD RSUD Aceh Singkil, juga dibenarkan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) wilayah Aceh Singkil. Zainal  Ketaren.

Sebab menurut Zainal, kekosongan stok darah tersebut dikarenakan kurangnya kegiatan masyarakat untuk berdonor sangat minim karena Pandemi Covid-19.

 " Kami berharap melalui kegiatan dan event - event resmi seperti ini agenda donor darah tetap dilakukan," Sebut Zainal Ketaren 

Karena kegiatan untuk berdonor  masih sangat dibutuhkan dan diharapkan di Kabupaten Aceh Singkil, untuk membantu kelangkaan stok darah di UTR RSUD setempat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar