Prestasi Nasional! Rifka Khairuna, Siswa Madrasah Aceh Dinobatkan sebagai Duta Pejuang Moderasi Beragama

KBRN, Banda Aceh : Pelatihan Mentoring Motivator Muda Moderasi Beragama Tahun 2021 yang dilaksanakan Direktorat KSKK Kementerian Agama Republik Indonesia berlangsung dari tanggal 24 - 27 November 2021 di Bogor usai.

Rifka Khairuna, siswa MAN 4 Aceh Besar perwakilan Duta Moderasi Beragama Provinsi Aceh terpilih dalam 10 besar dan dinobatkan sebagai Duta Pejuang Moderasi Beragama Nasional Tahun 2021, pada pengumuman, Jumat, 27 November 2021.

"Alhamdulillah, Saya sangat senang dapat masuk dalam 10 besar dan dinobatkan sebagai Duta Pejuang Moderasi Beragama Nasional tahun 2021, dan ini juga sebuah kebanggaan dapat tampil di event nasional". Ucap Rifka. 

Menurut Rifka, dalam kegiatan ini ia mempresentasi aksi membumikan Moderasi Beragama pada madrasah di Aceh.

"Laporan aksi yang selama ini saya lakukan ketika mensosialisasikan moderasi beragama pada madrasah di Aceh menjadi bahan presentasi." katanya. 

Selain presentasi, selama kegiatan, Rifka mengatakan bahwa ia mendapatkan banyak ilmu tentang moderasi beragama dari para mentor dan pemateri. Ia juga banyak belajar dengan sahabat-sahabat peserta dari daerah lain dan saling berbagi informasi tentang budaya masing-masing. 

"Ucapan terima kasih sedalam-dalamnya kepada pembimbing yang selama ini selalu setia dan intens membimbing saya, mulai dari tahap awal sampai sekarang. Ucapan terima kasih juga khususnya kepada Keluarga Besar MAN 4 Aceh Besar dan Kepala Madrasah, Bapak Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh dan Kemenag Aceh Besar yang telah mendukung penuh mengikuti kegiatan ajang bergengsi Duta Harmoni Kementerian Agama Republik Indonesia. Ucapan terima kasih juga kepada seluruh pihak, stake holder, Ormas, dan Pihak kampus yang ada di Aceh." Ucap Rifka.

Lanjut Rifka, Alhamdulillah mendapat 10 besar sudah luar biasa dan kebanggaan tersendiri bagi saya. Karena dari jumlah peserta ditahap awal, peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 724 peserta dari seluruh Indonesia.

Kemudian terpilih sebanyak 50 peserta terbaik untuk mendapat pelatihan dan bimbingan yang dilaksanakan di Yogyakarta. Dan kegiatan sekarang merupakan tahap akhir, Rifka terpilih dalam 10 besar dan dinobatkan sebagai Duta pejuang Moderasi Beragama Nasional Tahun 2021.

"Semoga pencapaian ini menjadi inspirasi bagi yang lainnya. Harapan saya kepada teman-teman, siswa madrasah di Aceh, untuk mempersiapkan diri, tingkatkan kompetensi diri, terus belajar, dan jangan pernah berhenti mengasah kemampuan diri. Kita yakin bahwa kita terus mampu bersaing dan bersanding ditingkat Nasional," tuturnya.

Kakanwil Kemenag Aceh Dr H Iqbal SAg MAg mengapresiasi atas capaian prestasi nasional yang diraih Rifka. 

"Kita semua bersyukur, ananda Rifka dinobatkan sebagai duta pejuang moderasi beragama, tentu perjuangan dan usaha ini tidak mudah. Ditengah pandemi, berhasil ke nasional," katanya. 

Iqbal berharap, Rifka nantinya tetap komitmen dan melakukan berbagai inovasi dalam sosialisasi dan merawat moderasi beragama, khususnya di kalangan siswa. 

"Semoga menjadi inspirasi bagi anak-anak kami di madrasah dalam berkarya dan berprestasi, membawa nama baik madrasah di tingkat provinsi dan mengharumkan nama daerah hingga level nasional," katanya.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar