Rangkaian Calender Even Wisata Hingga Akhir Tahun

KBRN, Banda Aceh: Berbagai kegiatan wisata maupun atraksi budaya masuk dalam Calender even Aceh 2021. Meskipun digelar dalam kondisi  pandemi covid 19, kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik.

Agenda yang dilaksanakan dalam bulan November ini meliputi Sabang Diving Festival, Redelong Aceh Mountain Bike, Kegiatan Millenial Sadar Wisata di Pulau Banyak, Lomba Tarek Pukat di Objek wisata Pasie Jantang, Lhong, Aceh Besar. Selanjutnya pada desember mendatang, Pacuan Kuda Tradisional Gayo dan Malam Renungan serta Peringatan 17 Tahun Tsunami Aceh.

Kepala Bidang Pengembangan Usaha Pariwisata Dan Kelembagaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Ismail, S. Pd menjelaskan, berbagai agenda tahunan yang digelar mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, seperti pada 2016 hingga 2019 terjadi peningkatan wisatawan dalam maupun luar negeri. Namun sejak 2020 dan memasuki 2021 terjadi penurunan akibat covid 19. Kini, seiring dengan menurunnya kasus covid, aktivitas wisata mulai kembali menggeliat, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Saat ini pihaknya sedang menyusun Rencana Induk Pengembangan Kawasan Wisata, dengan membagi atau memetakan Daerah Pariwisata Aceh. Sebagai contoh, Kota Banda Aceh masuk dalam kawasan wisata cagar budaya karena memiliki nilai sejarah.

Selama masa pandemi covid, berbagai upaya dilakukan Dinas Kebudayaan Pariwisata Aceh bersama pihak terkait untuk mengembangkan sector pariwisata, dengan melaksanakan event secara virtual, pemeliharaan objek wisata, dan tetap melaksanakan kegiatan promosi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar