Jaga Kesuburan Tanaman, Babinsa Koramil 14/Rtp Dampingi Petani

KBRN, Banda Aceh : Penyiangan atau pembersihan rumput liar dan gulma pada tanaman padi merupakan bagian dari perawatan tanaman, seperti yang dilakukan oleh Praka Muhammad Rico Babinsa Koramil 14/Rantau Peureulak yang melakukan pendampingan pertanian kepada Rudiah pemilik lahan sawah yang sedang menyiangi tanaman padi miliknya di Desa Bhom Lama, Kecamatan Rantau Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (27/10/2021).

Kegiatan penyiangan ini dilakukan bertujuan untuk mendapatkan tanaman yang baik dan menjaga kesuburan tanaman padi, tidak hanya dengan diberikan pupuk serta melakukan penyemprotan tetapi rumput disekeliling tanaman padi harus selalu dibersihkan sehingga ketersediaan makanan untuk tanaman padi mencukupi.

Dalam kegiatanya Praka Muhammad Rico menyampaikan, sebagai Babinsa mendampingi petani memang sudah salah satu tugas aparat kewilayahan, kegiatan ini dilakukan untuk mewujudkan swasembada pangan diwilayah kecamatan Rantau Peureulak khususnya di Desa Bhom Lama.

“Keberadaan gulma ini tidak bisa dibiarkan karena sangat mengganggu tanaman padi terlebih di masa pertumbuhan dan perkembangan tanaman sehingga sangat berpengaruh pada produksi hasil panen nantinya”, ujar Rico.

Sementara itu Rudiah selaku pemilik lahan mengucapkan terimaksih kepada Babinsa 14/Rtp dan sangat bersyukur dengan adanya pak Babinsa yang terjun langsung ke masyarakat untuk membantu para petani.

“Dengan adanya Pak Babinsa kami merasa terbantu, tidak hanya turun kesawah membatu kami Pak Babinsa juga memberikan motivasi serta pendampingan dalam perawatan padi agar tumbuh subur dengan hasil panen yang memuaskan”, pungkasnya.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00