Tiga Wilayah Aceh ini Berpotensi Hujan Lebat

Citra Satelit Himawari 08 pada Rabu (27/10/2021) / bmkg.go.id.png

KBRN, Banda Aceh: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya bmkg.go.id mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca potensi curah hujan tinggi yang diperkirakan terjadi merata di sejumlah wilayah di Aceh pada Rabu (27/10/2021). Potensi hujan sedang hingga lebat diprakirakan terjadi di daerah Aceh Barat, Nagan Raya, dan Aceh Barat Daya.

Prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh, Arum Larasati menyebutkan potensi hujan ringan hingga sedang di diprakirakan wilayah Langsa, aceh tamiang, Aceh Timur, Aceh Tengah, Gayo Lues, aceh Besar, Banda Aceh, Aceh Selatan, Aceh Tenggara, dan Aceh Jaya.

Kondisi tersebut menurut Arum, merupakan pertanda bahwa Aceh telah memasuki musim penghujan. Untuk itu dia mengimbau masyarakat, khususnya di daerah-daerah rawan bencana, untuk waspada potensi curah hujan tinggi yang diprakirakan terjadi selama beberapa hari ke depan.

“kepada masyarakat khususnya yang tinggal di sekitar daerah rawan banjir atau longsor, kami imbau untuk waspada potensi curah hujan tinggi. Meskipun intensitas hujan ringan hingga sedang, namun apabila terjadi dengan durasi yang lama tetap perlu diwaspadai,” imbaunya.

Selain curah hujan, Arum juga memprediksi gelombang laut tinggi di perairan Barat dan perairan Samudra Hindia Bagian Barat Aceh. Ketinggian gelombang diprakirakan dapat mencapai 4 meter pada hari ini. Sementara ketinggian gelombang laut di perairan Utara Sabang, perairan Selat Malaka Bagian Utara berkisar antara 1,25 meter hingga 2,5 meter. Sedangkan untuk perairan Sabang – Banda Aceh diprediksi pada kategori rendah yakni 0,5 sampai 1,25 meter.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00