Tagana Masuk Sekolah, Edukasi Dini Kesiapsiagaan Hadapi Bencana

KBRN, Banda Aceh : Untuk meningkatkan kesadaran terhadap ancaman bencana sejak dini, Taruna Siaga Bencana (Tagana) dibawah binaan Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tengah menyambangi sekolah-sekolah di Wilayah Kabupaten Aceh Tengah dalam Program Kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS).

Bertujuan memberikan edukasi tentang kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, Kegiatan TMS mensasar beberapa sekolah dan dilaunching perdana hari ini bertempat di SMA Negeri 11 Takengon yang terletak di Kecamatan Atu Lintang, Selasa (26/10/2021).

Bupati Aceh Tengah Drs, Shabela Abubakar dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan oleh Asisten Pemerintahan, Keistimewaan dan Kesra Setdakab Aceh Tengah Drs. H. Mursyid, M.Si, menyampaikan.

Dasar dari kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS) mengacu pada MoU Kementerian Sosial dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 01 Tahun 2019 dan Nomor 04 Tahun 2019 tentang mitigasi bencana pada satuan pendidikan melalui program Tagana Masuk Sekolah (TMS).

“Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sangat mendukung kegiatan Taruna Tanggap Bencana ini, guna memberikan pengetahuan sejak dini bagi Anak Didik dalam menghadapi bencana dengan memberikan edukasi tentang kesiapsiagaan bencana di Sekolah dalam Wilayah Kabupaten Aceh Tengah,” Ujar Asisten Pemerintahan, Keistimewaan dan Kesra Setdakab Aceh Tengah.

“Tagana Masuk Sekolah menargetkan pelajar mempunyai pengetahuan tentang bencana, potensi dan upaya pengurangan risiko bencana pada tingkatan yang paling sederhana. Dengan begitu mereka mampu menyelamatkan diri sendiri dan evakuasi sederhana bila terjadi bencana,” Tambahnya.

Lebih lanjut, Drs. H. Mursyid, M.Si, juga menyampaikan bahwa tujuan dari TMS tersebut diantaranya sebagai upaya memperkenalkan jenis bencana dan resikonya kepada Siswa/siswi Sekolah Menengah Atas itu, agar mereka lebih sigap dan tanggap dalam kemungkinan menghadapi bencana di sekitar lingkungan Sekolahnya.

Kabupaten Aceh Tengah merupakan wilayah dengan potensi bencana alam yang sangat tinggi, dengan kondisi Topografi Wilayah bergunung dan berbukit, dekat dengan Sesar Lempeng Australia dan Lempeng Eurasia sehingga rentan mengalami goncangan akibat Gempa”, Jelasnya lagi.

“Sebelum kami akhiri sambutan ini, kami berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, sebagai sarana edukasi terutama terkait peran Tagana dalam menyiapkan dan meningkatkan kesadaran terhadap ancaman bencana di sekolah-sekolah dalam Wilayah Kabupaten Aceh Tengah”, Tandas Mursyid menutup Sambutan Tertulis Bupati Aceh Tengah.

Sementara itu, Sekretaris Dinsos Aceh Tengah, Khalisnawati SE,M.AP, menyampaikan, kegiatan TMS akan terus dilaksanakan di lingkup lembaga pendidikan se Kabupaten Aceh Tengah dengan tujuan sebagai upaya memperkenalkan jenis bencana kepada anak usia sekolah agar sigap dan tanggap terhadap kemungkinan adanya bencana di sekitar lingkungannya.

Kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS) yang dilaksanakan di beberapa Sekolah dalam wilayah Kabupaten Aceh Tengah, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dini terhadap anak didik dalam menghadapi bencana, mitigasi kebencanaan dan juga upaya dalam mengurangi resiko bencana.

“Dengan TMS ini berharap para pelajar dapat mengimplementasikan pemahaman bencana kepada teman, keluarga dan juga pada Masyarakat yang ada di lingkungannya terkait Potensi bencana,” tutupnya. (ProkopimAT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00