Peringati Maulid Nabi Muhammad S.A.W 1443 H Dan Hari Santri Nasional Tahun 2021

KBRN, Banda Aceh : Pemerintah Kabupaten Bener Meriah melalui Dinas Syariat Islam dan Dinas Pendidikan Dayah menyelenggarakan kegiatan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad S.A.W 1443 H sekaligus peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 yang dipusatkan di Masjid Nur Nabawi Komplek Perkantoran Serule Kayu – Redelong, selasa ( 26/10/2021).

Dalam peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad, SAW 1443 H dan Peringatan Hari Santri tahun 202, Plt. Bupati Bener Meriah Dailami terlebih dahulu membaacakan amanat Menteri Agama RI tentang Peringatan Hari Santri tahu 2021 dengan tema “Santri Santri Siaga Jiwa Raga”. Tema ini sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar senantiasa suap menyerahkan jiwa dan raga dalam membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, serta mewujudkan perdamaian dunia.

Disamping itu Plt. Bupati juga sangat menekankan kepada para santri dan hadirin serta masyarakat Bener Meriah untuk dan harus mau divaksin, karena dengan cara itulah salah satu upaya kita dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, harapnya.

Kepala Dinas Syariat islam Taslim, S.Ag, M.Sos didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bener Meriah Almanar, SE dalam laporannya menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Bener Meriah melalui Dinas Syariat Islam dan Dinas Pendidikan Dayah hari ini telah menyelenggarakan perayaan Maulid Nabi besar Muhammad, SAW 1443 H dan sekaligus peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021, khusus peringatan Maulid Nabi ini sudah merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam utamanya di Bener Meriah. PeringatanMaulid Nabi ini bagi umat Islam adalah penghormatan dan pengingatan kebesaran dan keteladanan Nabi Muhammad dengan berbagai bentuk kegiatan budaya, ritual dan keagaamaan seperti yang kita lakukan tadi, katanya..

Ditambahkan oleh Kadis Syariat Islam, peringatan Maulid dan peringatan Hari Santri merupakan kegiatan rutin dari Pemkab Bener Meriah, yang dialokasikan anggarannya pada Dinas Syariat Islam dan Dinas Pendidikan Bayah Kabupaten Bener Meriah. “Dengan Peringatan Maulid nabi Besar Muhammad, SAW 1443 H dan Peringatan Hari Santri Tahun 2021 diharapkan semakin mempererat tali siliturrahmi, solidaritas dan ukhua islamia diantara umat Islam di Bener Meriah, harpanya.

Secara terpisah terkaait dengan Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 dijelaskan oleh Kepala Dinas Pendidikan dayah Kabupaten Bener Meriah Almanar, SE, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa penetapan Hari Santri Nasional ini, sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo tanggal 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta, dengan dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri dalam merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama kita, paparnya.

Kagiatan Maulid Nabi Muhammad, SAW 1443 H dan Peringatan Hari Santri 2021 menghadirkan penceramah Tgk. Muhadir, MA.

Kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad, SAW. 1443 di hadiri oleh unsur Forkopimda dan forkopimda Plus, Ketua TP-PKK beserta anggota, Ketua DWP beserta anggota, para pengrus BKMT, para KepalaSKPK, para Sekretaris SKPK, para Kabid, para Camat, seluruh Pimpinan Dayah, para Santri dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah dan undangan lainnya. (kominfo-bm)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00