Prakiraan Cuaca: Potensi Curah Hujan Tinggi Merata di Sejumlah Wilayah Aceh

logo_bmkg_.jpg

KBRN, Banda Aceh: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh merilis  peringatan dini prakiraan cuaca potensi curah hujan lebat dan berbasis dampak pada kategori IV yang diperkirakan terjadi merata di sejumlah wilayah di Aceh pada Selasa (26/10/2021).

Dijelaskan Koordinator Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh, Zakaria Ahmad, peringatan dini prakiraan cuaca berbasis dampak pada kategori IV ini meliputi Kota Sabang, Aceh Besar, Kota Banda Aceh, Aceh Utara, Pidie Jaya, Pidie, Aceh Jaya, Bireun, Aceh Tengah, Kota Lhokseumawe, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Barat, Bener Meriah, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Nagan Raya, dan Simeulu.

Menurutnya, pada kategori IV masyarakat diminta agar selalu siaga bila terjadi bencana hidrometeorologi. Di mana potensi dampak yang dapat terjadi berupa volume aliran sungai meningkat, gangguan lalu lintas, serta dapat terjadi genangan air di daerah pesisir atau dataran rendah dengan skala menengah.

“Dengan tingginya curah hujan yang kita prediksi hari ini, masyarakat sebaiknya hati-hati karena diperkirakan bisa terjadi banjir genangan” jelas, Zakaria.

Selain itu, Zakaria juga memprakirakan ketinggian gelombang laut di beberapa wilayah perairan Aceh. Dia menjelaskan, ketinggian gelombang laut di Perairan Samudra Hindia Barat Aceh diperkirakan dapat mencapai 4 meter.

Sementara tinggi gelombang laut di Perairan Utara Sabang dan perairan Barat Aceh tinggi gelombang laut berkisar antara 1,25 meter hingga 2, 5 meter. Sedangkan ketinggian gelombang laut di perairan Sabang – Banda Aceh masih dikategorikan aman, yakni berkisar 0,5 – 1,25 meter.

Sehingga diimbau kepada nelayan dan pengguna jasa pelayaran untuk berhati hati saat beraktivitas di laut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00