Vaksin Pfizer Mulai Diminati Masyarakat Aceh

Foto : Ist

KBRN, Banda Aceh : Pilihan vaksin pencegah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) kian beragam di Aceh. Selain Sinovac dan Moderna kini vaksin Pfizer mulai diminati masyarakat Aceh.

Koordinator Vaksinasi Massal Pemerintah Aceh, dr Iman Murahman, Jumat (22/10/2021) vaksin Pfizer mulai ditawarkan kepada masyarakat yang ikut vaksinasi massal di Banda Aceh.

Menurut Iman, vaksin Pfizer diberikan dua dosis dengan jeda 21 hari antara suntikan dosis I dengan dosis II. Selain anak usia di bawah 12 tahun,  semua golongan umur dapat menerima vaksin Pfizer untuk imunitas tubuhnya dari serangan virus corona, dengan catatan belum menerima vaksin Sinovac maupun vaksi Moderna.

Iman menyebutkan, pihaknyan menargetkan capaian vaksin hingga oktober 2021 di provinsi Aceh sudah mencapai 1,2 juta penduduk. Dan vaksin Pfizer juga mulai diberikan kepada masyarakat umum.

Untuk diketahui, vaksin vaksin Pfizer yang memiliki merk dagang Comirnaty itu merupakan hasil kerja sama perusahaan bioteknologi Jerman, BioNTech dengan perusahaan farmasi Amerika Serikat, Pfizer.

Vaksin ini dapat membentuk protein unik bagi virus corona (SARS-CoV-2) sehingga memicu respon kekebalan di dalam tubuh terhadap penyakit Covid-19. Hasil uji klinis tahap III membuktikan vaksin Pfizer memiliki efikasi mencapai 95 persen

Sementaara penderita komorbid, seperti hipertensi, asma, diabetes, dan penyakit infeksi yang terkontrol dapat diberikan vaksin Pfizer sesuai kartu kendali medis. Begitu juga penderita penyakit penyerta yang berisiko tinggi apabila terinfeksi virus corona. Vaksinasi bagi penderita komorbid dan memiliki risiko tinggi itu tentu melalui skrining yang ketat.

Selain itu, vaksin Pfizer juga dapat diberikan kepada wanita hamil dan menyusui. Khusus wanita hamil, dapat memilih vaksin Pfizer apabila usia kehamilannya sudah memasuki . Sedangkan para penyintas Covid-19 yang ingin divaksinasi dengan Pfizer, harus menunggu tiga bulan, setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19 

Meskipun kasus penyebaran covid-19 di Aceh sudah cenderung landai, Iman tetap mengajak masyarakat untuk terus menjaga prokol kesehatan dengan tetap memakai masker, mencuci tangan pada air yang mengalir dan menghindari kerumunan.

Sementara itu, satgas penanganan covid 19 aceh melaporkan cakupan vaksinasi Covid-19 secara keseluruhan Aceh saat ini sudah mencapai 28,1 persen, atau 1.130.938 orang dari total sasaran sebanyak 4.028.891. Sedangkan vaksnasi dosis II Aceh sudah sekitar 14,3 persen, atau 577.153 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00