Prakiraan Cuaca: Potensi Hujan Merata di Sejumlah Wilayah Aceh

Citra SatelitHimawari 08 pada Jumat (22/10/2021) di bmkg.go.id.png

KBRN, Banda Aceh: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh merilis  peringatan dini prakiraan cuaca potensi curah hujan dengan intensitas ringan hingga lebat  yang diperkirakan terjadi merata di sejumlah wilayah di Aceh pada Jumat (22/10/2021).

Prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh, Anang Herianto merincinkan, potensi hujan dengan intensitas bervariasi diprakirakan terjadi di wilayah Utara, Timur, dan Tengah Aceh. Seperti Aceh Utara, Aceh Timur, Pidie, Bireun, Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Tengah, Bener Meriah, dan sekitarnya potensi hujan ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di siang hingga sore hari.

“pada malam hari, potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir diprakirakan terjadi di Wilayah Barat, Tengah dan Selatan Aceh. Di antaranya Aceh Jaya, Nagan Raya, Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Selatan, dan Aceh Singkil”, jelas Anang.

Menurutnya, pada kategori II masyarakat diminta agar selalu siaga bila terjadi bencana hidrometeorologi. Di mana potensi dampak yang dapat terjadi berupa jalanan basah, licin atau jarak pandang berkurang. Selain itu juga dapat berdampak pada genangan air di daerah pesisir atau dataran rendah dengan skala kecil.

Selain itu, Anang juga memprakirakan ketinggian gelombang laut di beberaa wilayah perairan Aceh. Dia menjelaskan, ketinggian gelombang laut di Perairan Samudra Hindia Barat Aceh diperkirakan dapat mencapai 4 meter.

Sementara tinggi gelombang laut di Perairan Utara Sabang, perairan Barat Aceh, dan perairan Meulaboh – Kep. Sinabang, tinggi gelombang laut berkisar antara 1,25 meter hingga 2, 5 meter.

Sehingga diimbau kepada nelayan dan pengguna jasa pelayaran untuk berhati hati saat beraktivitas di laut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00