BMKG Keluarkan Peringatan Hujan Lebat Disertai Petir Untuk Sejumlah Wilayah Aceh

bmkg.go.id.jpg

KBRN, Banda Aceh: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi hujan lebat di sertai kilat/petir dan angin kencang untuk sejumlah wilayah Aceh melalui laman bmkg.go.id pada Senin (18/10/2021). Disebutkan wilayah yang diprakirakan berpotensi hujan lebat antara lain Sabang, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Barat, dan sekitarnya.

Prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh, Budi Saritua Hutasoit memprediksi potensi hujan di wilayah tengah Aceh. Seperti di daerah Aceh Tengah, Gayo Lues, Bener Meriah, Aceh Timur. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprakirakan terjadi pada malam hingga dini hari.

Lebih lanjut, Budi mengimbau masyarakat untuk waspada adanya potensi genangan air yang dapat terjadi.

“masyarakat di daerah-daerah tersebut, diimbau untuk waspada dampak hujan lebat yang terjadi sejak kemarin”, imbau Budi.

Selain itu, Budi mengungkapkan hasil pantauan citra satelit Himawari terkait masih adanya potensi angin kencang. Diprediksikan kecepatan angin maksimal dapat mencapai lebih dari 15 knots atau 28 km/jam.

Menurutnya kecepatan angin yang cukup kencang tersebut turut mempengaruhi ketinggian gelombang laut di wilayah perairan Aceh. Khususnya di Perairan Barat Selatan Aceh dan Samudra Hindia Bagian Barat.

“ketinggian gelombang hari ini masih masuk kategori tinggi, dengan tinggi gelombang dapat mencapai 4 meter” jelasnya.

Sementara tinggi gelombang laut di perairan Sabang – Banda Aceh, menurutnya masih relatif aman, dengan tinggi gelombang berkisar antara 0,5 meter hingga 1, 25 meter. Sedangkan tinggi gelombang laut di perairan Utara Sabang dan perairan Selat Malaka Bagian Utara diprediksi antara 0,5 meter – 2,5 meter.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00