Wujudkan Pemilu Berintegritas, KPK Gelar Bimtek Bagi Penyelenggara dan Pemilih

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Anti korupsi bagi Penyelenggara dan Pemilih Pemilu Berintergritas di Hotel Hermes Palace Banda Aceh pada Rabu (22/9/2021).jpeg
kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Anti korupsi bagi Penyelenggara dan Pemilih Pemilu Berintergritas di Hotel Hermes Palace Banda Aceh pada Rabu (22/9/2021).jpeg

KBRN, Banda Aceh: Sebagai upaya menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berintegritas dan bebas korupsi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Anti korupsi bagi Penyelenggara dan Pemilih Pemilu Berintergritas di Hotel Hermes Palace Banda Aceh pada Rabu (22/9/2021).

Bimtek yang  berlangsung selama dua hari, sejak 22-23 September 2021 ini diikuti oleh peserta dari Komisi Indipenden Pemilihan (KIP), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) tingkat Povinsi Aceh maupun Kabupaten/kota.

Turut hadir juga Gubernur Provinsi Aceh, Nova Iriansyah, Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh, Samsul Bahri, serta Tgk Nyak Arif Fadhillah Syah selaku perwakilan dari Panitia Pengawasan Pemilihan (Panwaslih) Provinsi Aceh.

David Sepriwasa selaku Kasatgas Politik dan Dunia Usaha Direktorat Peran Serta Masyarakat (Permas) KPK RI dalam sambutannya menjelaskan pemilu berintegras dapat diwujudkan jika tiga unsur yakni penyelenggara, peserta, dan pemilih memiliki integritas.

“butuh sinergitas dan kerjasama dari banyak pihak untuk mewujudkan pemilu yang bersih dan berintegritas”, kata David.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyampaikan harapannya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Aceh pada 2024 mendatang dapat berlangsung aman, damai, dan tanpa penyelewengan.

“kita tentu berharap penyelenggara pemilu di daerah ini  siap menjalankan tanggung jawabnya dengan baik, agar pesta demokrasi berjalan aman, damai, tentram, dan diselesaikan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Kegiatan bimtek ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seluruh panitia, peserta dan tamu undangan diwajibkan menjalani tes swab antigen sebelum memasuki ruangan.  

Untuk diketahui, selain di provinsi Aceh, bimtek juga akan dilaksanakan di Provinsi Gorontalo pada Oktober mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00