Mesin Pres Jerami Atasi Masalah Lingkungan

KBRN Banda Aceh : Aceh Sebagai salah satu daerah sentra produksi padi, tentu produksi jerami yang dihasilkan juga cukup banyak. Namun pemamfaatannya selama ini belumlah  maksimal, hanya  untuk pakan ternak . Jerami sebagai bahan limbah lebih banyak terbuang dan biasanya dilakukan pembakaran sehingga memberi efek yang tidak baik bagi lingkungan seperti menimbulkan  polusi dan merusak unsur hara tanah.

Melihat kondisi ini, Hendra Saputra Warga Kecamatan Banda Raya Banda Aceh termotivasi menciptakan Mesin Pres jerami Horizontal Portabel , yang bisa mengolah jerami menjadi bahan yang bernilai ekonomis .

“ Banyak yang bisa dilakukan jika jerami ini diolah dengan baik, tidak hanya sebagai pakan ternak, tetapi juga menjadi media tanam untuk jamur, dan bahan baku untuk pembuatan kertas, ujar Hendra Rabu Pagi ( 22-09-2021 ).

Inovasi yang dilakukan warga memang mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kota Banda Aceh, dimana melalui Dinas terkait, sebagaimana dituturkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Banda Aceh Dwi Putrasyah tetap memberikan pendampingan bagi  masyarakat  .

“  Kita tetap dukung masyarakat yang ingin berinovasi, apalagi itu bisa memberikan mamfaat untuk banyak orang,  tutur Dwi Putrasyah ‘ .

Mesin Pres Jerami Horizontal Portabel yang dirancang Hendra Saputra bersama Nurwahid terpilih  sebagai terbaik  ke 4 pada lomba Inovasi Tehnologi Tepat Guna –TTG-  Tahun 2021 Tingkat  Nasional   .

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00