Begini Cara Melihat Hasil Skor SKD CPNS 2021

Hasil Tangkapan Layar Live Skor di Kanal Youtube BKN Aceh pada Selasa (21/9/2021).jpg

KBRN, Banda Aceh: Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan PPPK Tahun 2021 telah mulai diselenggarakan di beberapa wilayah, termasuk di Provinsi Aceh. Sesuai informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), ujian SKD penerimaan CPNS 2021 telah mulai dilaksanakan bertahap sejak Kamis (2/9/2021). Para peserta ujian bisa langsung melihat hasil tes dengan mengakses link live skor SKD di kanal Youtube milik BKN.

Seperti telah diketahui, ujian SKD CPNS di gelar dengan metode Computer Assisted Test (CAT) dan berlangsung selama 100 menit. Tes SKD CPNS kali  ini dilakukan bersamaan dengan Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru 2021 di 450 titik lokasi (tilok). Meliputi 35 tilok kantor BKN, 13 tilok mandiri BKN, dan 402 tilok mandiri instansi, meliputi 123 instansi Pemerintah Pusat dan 279 Instansi Pemerintah Daerah.

Kepala Kantor Regional XIII BKN Aceh, Ojak Murdani mengatakan tahun ini tidak lagi menyediakan monitor besar untuk memantau live score SKD di tiap lokasi ujian. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kerumuman yang bisa meningkatkan resiko penyebaran covid-19.

live score nanti bisa disaksikan melalui youtube. Ini juga sebagai salah satu bentuk transparansi dari penyelenggara seleksi CPNS dan PPPK 2021”, kata Ojak di Banda Aceh kepada rri.co.id.

Pengumuman live skor SKD CPNS tersebut bisa dilihat  pada kanal Youtube dari sejumlah akun yang tersedia. Nilai yang disiarkan secara langsung dapat mempermudah setiap peserta yang ingin melihat nilai Tes SKD CPNS 2021. Bagi Anda sebagai peserta seleksi yang ingin melihat hasil skor secara langsung bisa mengikuti panduan atau cara berikut ini;

  1. Buka aplikasi Youtube di perangkat telepon pintar annda atau bisa melalui youtube.com
  2. Ketik nama kanal Youtube dari Kantor Regional (Kanreg) atau UPT BKN yang menjadi tilok Anda, misalnya Kanreg XIII BKN Aceh. Kemudian klik ‘cari’ atau ‘search’
  3. Jika sudah, pilih lah video dari kanal youtube tilok yang Anda cari
  4. Pilih tayangan yang sedang live atau sedang berlangsung
  5. Selanjutnya akan tersedia informasi tayangan skor secara langsung dari hasil tes SKD yang sedang berlangsung
  6. Apabila tertinggal, Anda tidak perlu khawatir. Anda cukup mencari di arsip tayangan yang tersedia.

Untuk diketahui, sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri PANRB Nomor 1023 Tahun 2021 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan PNS Tahun 2021, disebutkan nilai ambang batas atau passing grade yang harus dipenuhi oleh peserta SKD tahun ini adalah  65 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU) 80, dan 166 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Nilai ambang batas untuk TKP tahun ini meningkatkan dari tahun sebelumnya, yaitu dari 125 menjadi 166. Peningkatan nilai passing grade tersebut dipengaruhi adanya penambahan butir soal TKP, dari sebelumnya 35 menjadi 45 soal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00