Wilayah Timur dan Tenggara Aceh Masih Berpotensi Hujan

KBRN, Banda Aceh: Melalui laman bmkg.go.id Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi hujan lebat di sertai kilat/petir serta angin kencang untuk wilayah Aceh Tenggara, Aceh Utara, Pulo Aceh, dan sekitarnya pada Selasa (21/9/2021). Di samping itu, prakirawan cuaca Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh, Nasyitah Azzahra Lubis menambahkan potensi hujan dengan intensitas lebat juga berpeluang terjadi di kawasan timur Aceh seperti, sebagian Aceh Timur, Aceh Tamiang, Langsa, dan sekitarnya.

Sementara itu, nasyitah merincikan ketinggian gelombang laut yang masih melanda di sebagian wilayah perairan Aceh. Perairan Utara Sabang dan perairan Samudra Hindia Bagian Barat Aceh diprediksikan tinggi gelombang laut mencapai 3,5 meter. Untuk perairan Simeulu, tinggi gelombang laut diperkirakan dapat mencapai 2 meter. Sedangkan untuk perairan Sabang- Banda Aceh masih relative aman, yakni berkisar 0,5 – 1 meter.

Selanjutnya Nasyitah menghimbau masyarakat waspada potensi hujan yang disertai kilat/petir dengan menghindari awan cumulonimbus (cb) saat berkegiatan di luar rumah. Sementara masyarakat dan nelayan di kawasan perairan untuk berhati-hati saat melaut dan melakukan aktivitas pelayaran.

“kami menghimbau masyarakat khususnya di wilayah dengan potensi hujan lebat disertai pertir, agar lebih berhati-hati dan tidak menggunakan telepon genggam saat di luar ruangan”, imbaunya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00