Kemenag Kota Subulussalam Raih Dua Penghargaan IKPA dari KPPN Tapaktuan

KBRN, Subulussalam : Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara atau KPPN Tapaktuan melakukan kegiatanevaluasi Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Semester I Tahun 2021, Rabu (28/07/2021). Kegiatan ini diikuti seluruh satker yang berada di bawah naungan pelayanan KPPN Tapaktuan secara luring dan virtual.

Kepala Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara Tapaktuan, Andi Khairuddin menyampaikan apresiasi kepada seluruh satker yang telah berhasil merealisasikan anggaran pada Semester I Tahun 2021, mengingat dalam dua tahun terakhir ini merupakan tahun-tahun tersulit untuk merealisasikan program karena kondisi pandemi.

Berkat kerjasama yang baik dan demi terwujudnya good government, KPPN Tapaktuan bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan pembendaharaan di wilayah barat selatan, dalam melaksanakan tugas KPPN Tapaktuan selalu profesional dan berintegritas.

Evaluasi IKPA Semester I Tahun 2021, KPPN Tapaktuan memberikan reward atau penghargaan kepada satker yang berhasil merealisasikan anggaran sesuai terget atau di atas 50%, pengelolaan anggaran di bagi ke dalam tiga kategori, yaitu kategori besar, sedang dan kecil.

Sementara itu, Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam berhasil meraih dua penghargaan, yaitu Peringkat II pada IKPA Kategori Pagu Anggaran Besar  dan Peringkat I  IKPA Kategori Pagu Anggaran Sedang yang diraih Satker MAN 2 Subulussalam.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam, H. Juniazi, S.Ag., M.Pd. diminta untuk memberikan sharing atau tips keberhasilan mengelola agggaran di satkernya, keberhasilan Kemenag Kota Subulussalam tidak terlepas dari pada kerja sama tim yang selama ini mengeloka anggaran sesuai dengan time schidul dan action plan  yang telah ditetapkan sejak awal tahun anggaran. "Jujur saja, sebetulnya tidak ada tips khusus, yang ada  seperti air yang mengalir saja. Ikuti regulasi yang ada, dan kelola anggara secara profesional dan akuntabel," ujarnya bertamsil. 

"SDM juga salah satu pendukung keberhasilan dalam pengelolaan anggaran.  Alhamdulillah, Kemenag Kota Subulussalam saat ini sudah memiliki beberapa orang SDM Fungsional Pranata Keuangan APBN sesuai kompetensi yang ditetapkan oleh pemerintah," ujar Juniazi.

Selain itu, untuk menentukan terlaksananya program sesuai target perlu adanya scedhulle kegiatan program dan melakukan evaluasi setiap awal bulan, "ini penting, agar kita bisa mengetahui sejauh mana progres serapan anggaran yang telah terealisasi, dan  mengetahui kendala yang dihadapi untuk bertindak cepat mencari solusi" tutup mantan Kasubbag Humas dan Hukum Kanwil Kemenag Aceh ini.

Dalam kesempatan itu juga, Juniazi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pimpinan KPPN Tapaktuan dan jajaran atas penghargaan ini. "semoga penghargaan ini dapat memicu dan memotivasi kami, untuk bekerja lebih optimal lagi," ujarnya di dalam kegiatan zoom meeting di Kantor KPPN itu.

Adapun Satker yang berhasil meraih penghargaan dalam merealisasikan anggaran di bawah pelayanan KPPN Tapaktuan, IKPA Katagori Besar Satker 409731 KPPN Tapaktuan sebagai Peringkat I, Satker 681949 Seksi Pendis Kemenag Kota Subulussalam Peringkat II, dan Satker 640185 Polres Aceh Selatan sebagai Peringkat III.

Sedangkan IKPA Kategori Sedang, Satker 674945 MAN 2 Kota Subulussalam berhasil meraih peringkat I, Satker 614418 MTsN 2 Abdya Peringkat II, dan Satker 098590 Pengadilan Negeri Tapaktuan sebagai Peringkat III. Sementara itu, IKPA Kategori Kecil, Satker 527598 KPPN Tapaktuan Peringkat I, Peringkat II dan III Satker 622550 dan 622553 di bawah naungan Kemenag Kab. Singkil.(*/rel)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00