Dandim 0101/Abes Instruksikan Danramil dan Babinsa Intensifkan Sosialisasi Prokes Covid-19

KBRN, Banda Aceh : Komandan Kodim 0101/Aceh Besar Kolonel Inf Abdul Razak Rangkuti, S.Sos., M.Si menginstruksikan kepada para Danramil dan Babinsa agar lebih mengintensifkan sosialisasi Disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) kepada masyarakat di wilayah binaan masing-masing.

Instruksi tersebut disampaikan Dandim saat membuka kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Triwulan III Tahun Anggaran 2021, Selasa (27/7/2021).

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Makodim 0101/Aceh Besar Jalan S.T.A Mahmudsyah Nomor 32, Gampong Baro, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh itu tetap memperhatikan prosedur Prokes yang berlaku.

Ia juga mengatakan, pihaknya berkomitmen mengawal dan mendampingi pihak pemerintah daerah dalam melaksanakan operasi penegakan disiplin Prokes, seperti mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, dan menghindari kerumunan atau Social Distancing

. “Kita akan terus kawal dan dampingi pemerintah daerah dalam melaksanakan operasi penegakan disiplin Prokes,” tegasnya.

Mengingat kondisi dan situasi kasus Covid-19 yang berkembang saat ini, di daerah lain cukup menjadi cerminan dan pembelajaran, agar Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar mampu mengendalikan pandemi Covid-19.

“Seperti di beberapa daerah terjadi lonjakan kasus Covid-19 cukup signifikan, sehingga kita harus mengantisipasi hal itu tidak terjadi di wilayah kita,” tutur Dandim.

Abdul Razak Rangkuti mengatakan, apabila terdapat warga yang tidak taat Prokes akan mulai diberlakukan sanksi. Namun sebelum itu, pendekatan persuasif tetap dikedepankan. Sanksi pun bersifat edukatif.

“Sanksi akan kita tegakkan lagi. Namun sifatnya edukatif, seperti membaca shalawat, membersihkan sampah, mengucapkan Pancasila dan semacamnya,” terangnya.

Terakhir, Dandim berharap peran serta para Babinsa yang merupakan ujung tombak Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) yang optimal, angka penyebaran Covid 19 dapat cepat diminimalisir dengan baik.

“Saya yakin, dengan ketulusan dan penuh tanggung jawab dalam menjalankan tugas. Covid 19 di Provinsi Aceh khususnya di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar bisa cepat berakhir,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00