Sekda Benar Meriah: Pengrajin, Berkarya dan Berinovasilah

KBRN, Banda Aceh : Sekretaris Daerah Kabupaten Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si didampingi Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, drh. Sofyan menghadiri sekaligus  membuka kegiatan Pembinaan dan Penilaian Desa Kerajinan Tahun 2021, yang dilaksanakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda)  Aceh Tahun 2021, di Kampung Mekar Ayu, Kecamatan  Timang Gajah, Selasa,( 27/07/2021).

Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih  kepada Dekranasda Kabupaten Bener Meriah  yang telah mengadakan kegiatan yang cukup menarik ini.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya kita untuk memajukan serta  memulihkan ekonomi Indonesia khususnya ekonomi  masyarakat Kabupaten Bener Meriah dan sekaligus mendukung program pemerintah tentang Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," kata Sekda mengawali sambutannya.

Lebih lanjut Sekda juga mengungkapkan, sebuah karya seyogyanya diciptakan karena adanya rasa dan kecintaan. Bukan menciptakan karya yang tanpa nilai. Begitu juga dengan kelompok pengrajin Kerawang Gayo di Kampung Mekar Ayu yang sudah menghasilkan karya yang indah. "Harapan kita bersama semoga penilaian yang dilakukan bersifat objektif," ujarnya.

“Tentu sudah menjadi komitmen dari Dekranasda Bener Meriah untuk terus menggali potensi untuk bisa berinovasi, lalu dikembangkan, dan dilestarikan berdasarkan kearifan lokal utamanya Kerawang Gayo. Ini perlu kita kembangkan secara terus-menerus dengan konsisten,” papar Sekda.

Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka meningkatkan kualitas produk kerajinan yang punya daya saing tinggi, meningkatkan kualitas pengrajin yang semakin unggul melalui regenerasi pengrajin dengan mendorong semangat kewirausahaan, serta meningkatkan daya saing produk kerajinan khususnya Kerawang Gayo berbasis kearifan lokal dengan selera global melalui pengembangan inovasi kreativitas dan efisiensi. Kegiatan ini diharapkan  dapat meningkatkan kualitas dan bermuara ke peningkatan perekonomian masyarakat, khususnya para pengrajin yang ada di Kabupaten Bener Meriah.

Di akhir sambutan, Sekda berpesan, jangan hanya berkarya karena dinilai. Akan tetapi, berkaryalah agar menjadi maju, menjadi inspirasi bagi yang lain, sehingga pada akhirnya dapat memajukan industri kerajinan Kerawang Gayo yang mendunia dan manfaatkan sosial media untuk melakukan promosi.

Sekedar informasi bahwa Lomba Desa Kerajinan merupakan agenda tahunan Dekranasda Aceh yang bertujuan guna meningkatkan kreatifitas masyarakat untuk meciptakan inovasi serta mengembangkan industri kerajinan tangan dengan basis kearifan lokal.

Hadir sebagai Tim Penilai Dekranasda Aceh yaitu, Hj. Ismaniar Ab Mizan, SE (Sekretaris bidang Pendanaan), Cut Aina Mardhiah (Anggota bidang Manajemen Usaha)  dan Ermaiza, SE, MM (Anggota bidang  Pendanaan).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh  Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten  Bener Meriah Ir. Abadi, Wakil Ketua Dekranasda Kab. Bener Meriah Risnawati, S.SiT  beserta seluruh jajaran pengurus dan anggota, Kabid  Dinas Perhubungan mewakili Kadis , Sekretaris Camat Timang Gajah mulyadi.SE, Danramil Timang Gajah, Reje Kampung Mekar Ayu beserta Aparatur Kampung dan Para Pengerajin Kerawang Gayo serta undangan lainnya. (kominfo-bm).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00