FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Periksa Sarana Farmasi Puskesmas di Singkil, BPOM Jamin Mutu Vaksin Covid-19

Indra Permana. Petugas Loka Pom Aceh Selatan

KBRN, Banda Aceh : Pastikan Mutu dan keamanan produk, serta manfaat vaksin Covid-19 tetap steril. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), lakukan intensifikasi pendampingan sarana pelayanan kefarmasian pada  sejumlah Puskesmas di Kabupaten Aceh Singkil.

Pemeriksaan sarana kefarmasian tempat penyimpan vaksin Covid-19 di seluruh Puskesmas tersebut, juga bertujuan untuk ikut menyukseskan program Pemerintah dalam pemberian vaksinasi Covid-19 secara massal dan gratis kepada masyarakat.

Kepala Loka Pom Aceh Selatan, Darwin Syah Putra, ketika dikonfirmasi RRI melalui pengawas farmasi dan makananan. Indra Permana, mengatakan. Dari 12 Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Aceh Singkil, tahun ini BPOM akan periksa sarana kefarmasian 

" Tahun ini kita akan periksa seluruh sarana kefarmasian Puskesmas di Aceh Singkil," Sebut Indra Permana. Senin (14/06/2021)

Kemudian Indra Permana menambahkan,  hasil dari pemeriksaan pada sejumlah Puskesmas yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Aceh Singkil, dalam pendistribusian dan penyimpanan vaksin Covid-19 sudah cukup baik. Akan tetapi,  masih ada beberapa catatan harus menjadi perhatian bersama. Terutama  Kata Indra Permana, Standard Operational Procedure (SOP) atau Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB), tim harus tetap menerapkan pendistribusian vaksin sesuai dengan aturan Menteri Kesehatan dan peraturan Kepala BPOM. Sehingga, keamanan dan mutu vaksin Covid-19 tetap terjamin.

" Untuk menjamin mutu, pendistribusian dan penerimaan vaksin harus mengacu aturan," Tambahnya

Lebih lanjut Kata Indra Permana, hingga saat ini masih ada informasi hoaks yang beredar di tengah - tengah masyarakat terkait dengan Vaksin Covid-19. Untuk itu, dengan kehadiran BPOM melakukan pemeriksaan pada sejumlah saran kefarmasian Puskesmas - Puskesmas yang ada di Kabupaten Aceh Singkil, diharapkan dapat menambahkan kepercayaan warga terkait mutu dan keamanan dari Vaksin itu sendiri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00