4 RS dan Seluruh Puskesmas Layani Vaksinasi Covid Lansia

KBRN, Banda Aceh: 16 ribu lanjut usia (lansia) yang ada di 9 kecamatan dalam wilayah kota Banda Aceh menjadi target vaksin covid 19. Namun memasuki pertengahan bulan juni jumlah lansia yang sudah divaksin masih sangat rendah, bahkan kurang dari 10 persen. 

Epidemiolog Madya Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, dr. Media Yulizar, MPH menjelaskan, ada beberapa penyebab vaksin lansia masih rendah, yaitu tahapan vaksinasi sebelumnya masih diprioritaskan bagi tenaga kesehatan dan Aparatur Sipil Negara. Penyebab lain adalah ketika tahapan vaksin lansia dimulai, tidak semua menerima informasi atau sosialisasi. Padahal lansia dapat mendatangi 4 rumah sakit yang menjadi pusat vaksinasi lansia, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA), Rumah Sakit Jiwa (RSJ), RSUD Meuraxa, dan Rumah Sakit Ibu dan Anak Banda Aceh.

Agar dapat segera  mencapai target 16 ribu lansia yang harus divaksin, sejak tanggal 10 Juni sudah dilakukan Gebyar Vaksinasi lansia, di Puskesmas seluruh kecamatan. Tidak hanya lansia yang berusia 60 tahun ke atas yang menjadi prioritas, tapi juga kalangan pra lansia berumur mulai dari 50 tahun.

Menurut dr. Media, dari total kematian akibat covid 19 di Kota Banda Aceh yang sudah mencapai 122 orang, sebanyak 85 persen diantaranya berusia di atas 50 tahun, mayoritas memiliki penyakit penyerta (komorbid).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00