Kasus Covid 19 Meningkat, Dandim 0109 Ingatkan Warga Tetap Disiplin Prokes

KBRN, Banda Aceh : Dalam dua  pekan terakhir, Kasus  Covid 19 di Kabupaten Aceh Singkil  mengalami peningkatan. 

Atas kondisi ini, Komandan Kodim 0109/Aceh  Singkil, Letkol Czi Yudho  Widiharto, SIP, mengingatkan warga, agar tetap disiplin Protokol Kesehatan, karena belakangan penerapan Protokol Kesehatan  sudah  mulai  menurun, sehingga dikhawatirkan dapat memperbanyak kasus Covid 19  di  Aceh  Singkil.

Dalam wawancara dengan RRI, Jumat (07/05/2021), Letkol Czi Yudho mengatakan, upaya yang paling efektif untuk mencegah penyebaran  Covid 19  di wilayah  Aceh Singkil yaitu dengan tetap disiplin  mematuhi Protokol Kesehatan.

“Sebagaimana yang  selalu  kita gaung-gaungkan tahun sebelumnya, pada saat awal Covid  sampai dengan  saat ini, tetap sebagai masyarakat kita  harus mempedomani 3 M dan 5 M.  Kalau berbicara 3 M berarti menggunakan masker, mencuci  tangan, menjaga jarak.  Ditambah lagi dengan  2 M selanjutnya,  yaitu Menghindari Kerumunan dan membatasi kegiatan.  Ini signifikan untuk menekan laju penyebaran Covid 19,” kata Dandim Yudho. Menurut Yudho, masyarakat jangan sampai bosan maupun jenuh dalam disiplin Protokol Kesehatan, karena kasus Covid 19 belum selesai.

“Tetap disiplin dan tidak bosan, tidak jenuh, untuk  selalu mempedomani prosedur 3 M maupun 5 M tersebut. Karena Kasus Covid 19 ini  belum selesai.  Jangan sampai menimbulkan kelalaian di tempat kita ataupun diri kita, seolah-olah Covid itu selesai, belum. Penambahan kasus  dalam kurun dua tiga minggu sangat signifikan di tempat kita  atau di  tempat lain,” tegas  Dandim Yudho.

“Jangan sampai nanti  seperti  fenomena gunung es. Di atasnya gunung es itu kecil.  Tapi  di bawahnya sangat besar.  Yang bisa  kita  data, yang bisa kita  tracking sedikit.  Tetapi yang tidak bisa  kita  data, yang berkeliaran, yang bermobilitas kemana-mana sangat besar.  Seperti kasus di  India.  Nah  itu kita  harus  antisipasi, harus  selalu tidak bosan  untuk melakukan  tindakan sesuai  dengan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Adapun, update data per tanggal 7  Mei 2021, Kasus Covid di  Kabupaten Aceh Singkil sudah mencapai  223 orang.  Dengan  rincian 195 orang sembuh, 4 orang dirawat di  Rumah Sakit, 7 orang  Isolasi Mandiri, dan 7 orang meninggal dunia.  Jumlah  ini meningkat tajam akibat adanya pertambahan  pada 7 Mei 2021 sebanyak 10 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00