Ini Nama-nama Finalis PTQ RRI Korwil XVII Aceh Cabang Tilawah-Tahfizh

KBRN, Banda Aceh : Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) RRI korwil XVII Aceh telah memasuki babak final pada cabang Tilawah, Tausyiah dan Tahfizh. Untuk cabang Tausyiah dan Tahfizh masing-masing ada dua finalis kategori putra dan putri yang mewakili setiap cabang dari RRI Banda Aceh, Lhokseumawe, RRI Meulaboh dan RRI Takengon.

Babak final akan berlangsung secara virtual yang disiarkan langsung di akun resmi Youtube RRI Banda Aceh pada Selasa (20/4/2021).

Kepala Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Banda Aceh Drs. Harianto, M.Si, mengatakan, PTQ ke-51 tahun 2021 ini digelar secara virtual karena dalam kondisi pandemi covid-19.

Dia menyebutkan, tema pada PTQ ke-51 ini adalah Melalui PTQ LPP RRI Kita Tingkatkan Nilai-nilai Al Qur’an Untuk Membangun Spirit Generasi Muslim Milenial Menuju SDM Unggul Indonesia Maju.”

Sementara itu, Ketua Panitia Suriana menjelaskan, lomba pada cabang Tausyiah dan Tahfizh menyisakan 15 pesertawa perwakilan RRI korwil XVII Aceh masing-masing dari RRI Banda Aceh, RRI Lhokseumawe, RRI Meulaboh dan RRI Takengon.

Menurut Suriana, lomba Tausiah (Pidato/Ceramah) dibagi dalam dua kategori, yaitu Tausyiah tingkat satker/daerah dan Korwil serta Tausyiah tingkat nasional.

“Setiap Satker RRI menyelenggarakan seleksi serentak pada tanggal 1 Ramadhan 1442 H. Juara terbaik 1 (satu) putera dan puteri tingkat Satker / Daerah dilombakan lagi untuk tingkat Korwil, yang selanjutnya peserta terbaik satu di tingkat korwil merupakan utusan untuk tingkat Nasional,” terang Suriana.

Kemudian sambungnya, pada lomba Tahfidz Qur’an adalah jenis lomba membaca Al Qur’an secara hafalan yang mengandung aspek ketepatan dan kelancaran Tahfidz dengan Murattal, sesuai dengan kaidah-kadiah Tajwid, Fashahah dengan suara serta irama yang baik.

“Sedangkan penyelenggaraan Lomba Tahfidz Qur’an Tingkat Nasional pesertanya adalah Juara terbaik 1 (satu) putera dan puteri tingkat Satker / Daerah dilombakan lagi untuk tingkat Korwil, yang selanjutnya peserta terbaik satu di tingkat korwil merupakan utusan untuk tingkat nasional,” ujarnya.

Suriana menyebutkan, PTQ RRI ke-51 memperlombakan tiga cabang yaitu Tausyiah, Tahfizh dan Tilawah. Pada cabang tilawah, Qori terbaik I Ahmad Muzayyinul’Asyir utusan Kabupaten Aceh Besar akan mewakil RRI Banda Aceh ke PTQ tingkat nasional.

Sementara Qoriah terbaik I Adila Lathifa juga akan mewakili RRI Banda Aceh ke PTQ tingkat nasional yang akan berlangsung di Palembang pada awal Mei mendatang.

Nama-nama Finalis

Berikut nama-nama Finalis cabang Tausyiah PTQ RRI XVII Aceh yaitu, Hariyadi dan Maulidella mewakili Satker RRI Banda Aceh. Kemudian Arief Rizkil U’la mewakili Satker RRI Lhokseumawe. Kemudian perwakilan dari RRI Meulaboh Al Ayun dan Intan Mutia. Perwakilan dari RRI Takengon Musdiansyah Lingga dan Nika Liantika.

Selanjutnya nama-nama finalis cabang Tahfizh yaitu, T. M. Syuhada dan Lailatul Hikmah perwakilan dari Satker RRI Banda Aceh. Kemudian dari RRI Lhokseumawe yaitu Fachrul Radji HS. Selanjutnya finalis dari RRI Meulaboh M. Taisir dan Putri Oktavia. Dan finalis dari RRI Takengon Mohd Rafi dan Saskia Hadisti Umri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00