Inilah Ketentuan yang Harus Diperhatikan Peserta UTBK di USK

KBRN, Banda Aceh : Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 akan dimulai pada hari Senin, 12 April 2021. Di mana Universitas Syiah Kuala akan menjadi salah satu lokasi ujian UTBK ini. Untuk itulah, ada beberapa hal penting seperti cara cek lokasi ujian dan ketentuan lain yang harus diketahui peserta UTBK di USK. (Banda Aceh, 9 April 2021).

Ketua UTBK USK Prof. Dr. Marwan menjelaskan, beberapa ketentuan yang harus menjadi perhatian peserta UTBK di USK tersebut juga berkaitan dengan protokol kesehatan. Ketentuan itu adalah setiap peserta dipastikan dalam kondisi sehat, setiap peserta wajib menggunakan masker dan sarung tangan. Pada saat di lokasi ujian, peserta  juga diminta untuk mengatur jarak minimal 1,5 meter dan menghindari kontak fisik secara langsung.“Dan bagi pengantar hanya diperkenankan menurunkan peserta di Batas Antar, dan tidak diperbolehkan menunggu peserta di lingkungan kampus,” ucap Prof. Marwan.

Sementara itu, terkait ketentuan ujian Prof. Marwan mengingatkan peserta untuk hadir 40 menit sebelum ujian dimulai. Peserta diimbau untuk berpakaian rapi, sopan dan bersepatu serta tidak diperbolehkan memakai baju oblong.

 “Lalu peserta wajib membawa Kartu Tanda Peserta, identitas diri  seperti KTP/SIM/Kartu Pelajar),” ucapnya.

Kemudian bagi lulusan 2019 dan 2020, ungkap Prof. Marwan, mereka harus membawa foto kopi ijazah yang dilegalisir. Sementara lulusan 2021, harus membawa surat keterangan yang ditandatangani kepala sekolah berisikan NISN, NPSN, dan pas foto terbaru ukuran bebas.Terkait lokasi ujian, peserta tidak diperbolehkan untuk mengecek secara langsung lokasi ruang ujian. Tapi peserta dapat melihatnya melalui akun media sosial USK yaitu Instagram USK: @univ_syiahkuala. Atau bagi pengguna android, dapat meng-instal aplikasi LOKASI UTBK SBMPTN USK 2021 di Playstore.

“Semoga peserta dapat memperhatikan dan melaksanakan semua ketentuan ini dengan baik. Karena kita semua berharap, dalam kondisi pandemi ini ujian tetap dapat berjalan lancar dan kita selalu dalam kesehatan dan keselamatan,” ucap Wakil Rektor I USK ini.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00