BPKS Gagas, Forkopimda Plus Respon Sepakat Bandar Udara Sipil di Fungsikan

KBRN, Sabang: Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang, gagas aktifkan kembali rute penerbangan sipil Bandar Udara Maimun Saleh Sabang, di fungsikan kembali.

Gagasan pengaktifan kembali rute penerbangan sipil Bandara Internasional Maimun Saleh tersebut disampaikan di rapat koordinasi lintas sektoral, di hari kedua di ruang rapat lt.2 Kantor BPKS Kota Sabang, Kamis 8 Oktober 2020.

Rapat Koordinasi putusan memutuskan semua unsur pejabat Forkopimda Plus Kota Sabang sepakat untuk mendukung penuh, untuk membuka kembali rute penerbangan sipil Bandara Internasional Maimun Saleh.

Berharap dengan adanya kembali rute penerbangan sipil di Sabang, semata untuk mendongkrak pendapatan di bidang perekonomian daerah, dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Sabang.

Harapan senada disampaikan, Komandan Lanud Maimun Saleh, Letkol Pnb Dariyanto, dengan adanya wacana itu Lanud MUS sangat mendukung penuh untuk menghidupkan kembali transportasi udara agar dalam perputaran perekonomian masyarakat Kota Sabang bisa lebih baik dan Kota Sabang sebagai Kota Pariwisata.

"Menurut data dari Lanud TNI AU, tercatat panjang landasan 1850 M dan lebar 30 M," sebut informasi Komandan Lanud Maimun Saleh, Letkol Pnb Dariyanto, didampingi pejabat Pusat Penerangan Informasi Dokumentasi Lanud MUS Sabang, Letda Sus Agus Rianto.

Rakor dihadiri, Kabandara Maimun Saleh, Yan budianto; Danlanud Maimun Saleh, Letkol Pnb Dariyanto; Kepala BMKG Sabang, Siswanto; Kabid P2SDA IPK Sekda, Tetty Meutia; Dir Tata Ruang-LH BPKS, Rizal Rismawan; Kadisops Lanud MUS, Mayor Lek Jamung Barkah; Kadisops Satrad 233 Sabang, Mayor Lek M. Zabin Ashari; Kaintel Lanud MUS, Kapten Sus Wawi Unang; Dansat Pom AU, Kapten Pom Oky J Lukito; Ps Kasubsi PLLU, Letda Lek Kristanto; Kasubsi UPBU MUS, Imam maulana; UPBU MUS, Farisa; Kabid Laut Udara Dishub, Bob wahyudi; Deputi Tekbang BPKS, Azwar Husein; Staf Promosi Disparbud Sabang, Yunias Noruru; Kasubdit Tata Ruang-LH BPKS, Zaqiul Amri; dengan tetap memperhatikan Protkes dalam Pandemi Covid-19.

Sementara itu ditempat terpisah, Kepala Bandara Maimun Saleh, Yan Budianto, berharap rute penerbangan sipil di Bandar Udara Internasional Maimun Saleh dapat segera diaktifkan kembali. Kamis (9/10/2020)

"Mudah-mudahan awal tahun depan sudah ada maskapai penerbangan sipil yang bisa mendarat di Bandara Maimun Saleh ini," harapannya.

"Tapi  saat ini kita sadari semua dalam Pandemi Covid-19 yang sudah mewabah ke seluruh dunia, malah ini yang akan mempengaruhi frekwensi penerbangan yang ada di bisnis penerbangan," harap cemas Yan Budianto.

Kendati demikian, kata Yan, meskipun masalah wabah Covid-19 ini yang akan jadi penghambat kami akan terus upayakan untuk segera mungkin bisa terealisasi.

"Kalau untuk masalah kasiapan bandara sudah cukup siap melayani penerbangan sipil dan saat ini kita tempuh untuk ijin mendatangkan Operator Penerbangan ke Sabang, dengan hal tersebut kita akan persiapkan semuanya sehingga apa-apa yang kita sampaikan nantinya  akan berjalan dengan maksimal," sambungnya. (PPID-MUS/HBS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00