Team SAR Lanud MUS Simulasi Evakuasi Korban Pesawat

KBRN, Sabang: Untuk meningkatkan kesigapan dan kesiapan Prajurit Lanud Maimun Saleh dalam menanggulangi pertolongan pertama korban jatuhnya pesawat di tengah laut, Prajurit Lanud Maimun Saleh melaksanakan latihan simulasi search and rescue (SAR) penyelamatan korban. Selasa (6/10/2020)

Dalam kegiatan simulasi latihan SAR laut yang dilaksanakan di daerah pesisir pantai teuping cirik sebelah barat  pulau Sabang, dibawah kendali komando Komandan Lanud Maimun Saleh, Letkol Pnb Dariyanto, seluruh prajurit Lanud Maimun Saleh, turut disaksikan Keuchik (kepala desa) Gampong (desa) Kreung Raya, M. Adlan.

Dalam sekenarionya menceritakan, sebuah Pesawat mengalami situasi emergency kebakaran pada mesin nomor 2, kemudian Kapten Pilot meminta RTB untuk Leanding di Runwai 28 Bandara Lanud Maimun Saleh, namun pesawat twrsebut kehilangan keseimbangan dan akhirnya diperkirakan jatuh ke laut sebelah barat pulau Sabang.

Dengan mendapat informasi tersebut Danlanud MUS, Letkol Pnb Dariyanto, langsung memerintahkan Kepala Dinas Operasi Mayor Lek, Jamung Barkah, untuk segera menyiapkan kesiap siagaan Team SAR terkait dengan jatuhnya Pesawat PK CT 212 (istilah), untuk langsung laksanakan evakuasi dan pencarian korban disebelah barat pulau Sabang.

Dengan kesiapan Team SAR Prajurit Lanud Maimun Saleh lansung menuju ketempat kejadian dititik koordinat jatuhnya pesawat, setelah tiba di lokasi Team SAR mendapat laporan dari masyarakat nelayan bahwa terlihat puing-puing badan pesawat yang berserakan juga melihat korban penumpang pesawat.

Mendapat laporan dari masyarakat nelayan team SAR Lanud MUS langsung menurunkan dua LCR untuk menyelamatkan korban pesawat dan langsung menuju ke tengah laut daerah teuping cirik, pada penyelamatan ditemukan 10 orang dalam kondisi selamat dan 1 orang meninggal dunia yang langsung digeser menuju bibir pantai dan dilakukan tindakan medis untuk memeriksa kondisi korban.

Berdasarkan hasi Visum (pemeriksaan) dari Siekes Lanud Maimun Saleh, dr. I Gusti Ayu Ary Nariswary Dan dr. Geraldo, diperoleh hasil kondisi para korban 5 orang luka ringan, 4 orang luka berat dan 1 meninggal dunia.

Kutipan tersebut merupakan skenario dalam latihan meningkatkan kesiapan Prajurit Lanud Maimun Saleh dalam pertolongan korban jatuhnya pesawat di tengah laut.

Diakhir penutupan latihan simulasi Team SAR, Danlanud MUS, Letkol Pnb Dariyanto, dalam apresiasinya menyampaikan ucapan terimakasih.

"Terima kasih atas pelaksanaan latihan Team SAR berjalan dengan aman, lancar sesuai apa yang kita harapkan semoga dengan latihan ini prajurit Lanud Maimun Saleh semakin profesional dalam segala hal dan tetap solid dan kompak selalu," imbuhnya.

Demikian siaran pers Pusat Penerangan Informasi Dokumentasi (PPID) Lanud MUS Sabang, yang diterima RRI Sabang lewat pesan singkat. (HBS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00