Awal Tahun, Disiplin Pegawai di Aceh Singkil Menurun

Kepala BKPSDM Aceh Singkil, Ali Hasmi

KBRN, Singkil : Memasuki awal tahun 2021, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Aceh Singkil, menilai kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Kabupaten Aceh Singkil mengalami penurunan.Hal tersebut terlihat, selain berdasarkan hasil pemantauan BKPSDM setempat ke sejumlah SKPK saat memimpin apel kehadiran sejumlah pegawai. Juga masih banyaknya di temukan Pegawai Negeri Sipil (PNS)  yang berkeliaran di luar saat jam masih kerja masih berlangsung.

Kepala BKPSDM Kabupaten Aceh Singkil, Ali Hasmi ketika di konfirmasi membenarkan  kondisi kedisplinan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Aceh Singkil saat ini sangat mengalami penurunan secara drastis. Di mana tingkat kehadiran baik PNS maupun tenaga Honorer, hanya mencapai 25 persen. Untuk itu, Ia berharap penerapan sanksi berjenjang kepada PNS yang tidak disiplin harus di laksanakan.

" Setelah kita ke dinas - dinas, hampir seluruh dinas kedisiplinan PNS nya menurun. Sehingga kita minta kepada Kepala Dinas yang bersangkutan, untuk melakukan pembinaan pegawainya." Sebut Ali Hasmi

Hal ini kata Ali Hasmi, sesuai Peraturan Presiden (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Di mana, pembinaan secara berjenjang sangat di harapkan.

Lebih lanjut Ali Hasmi mengungkapkan, terkait sanksi kepada PNS yang tidak  disiplin,  sesuai peraturan ada tiga jenis sanksi yang akan di berikan nantinya. Mulai dari sanksi teguran secara lisan, tertulis, hingga sanksi berat berupa pemberhentian secara tidak hormat.

" Pembinaan secara berjenjang tersebut, sangat penting. Misal Kadis kepada Kabid. Kabid lakukan pembinaan kepada Kasi, dan seterusnya" Tambahnya

Sebab jika tidak, Kata Ali Hasmi Sanki yang sama akan berlaku bagi atasan langsung apabila pembinaan tidak di laksanakan dalam menerapkan kedisiplinan ASN.

Sementara itu informasi yang berhas di himpun, sebelumnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), juga telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang  penegakan disiplin bagi aparatur sipil negara (ASN) di instansi pemerintah dilakukan secara terus-menerus. Termasuk, saat pandemi COVID-19 masih berlangsung. Di mana dalam Penegasan tersebut, Penegakan Disiplin Pegawai ASN ini bertujuan untuk menegaskan kembali pentingnya disiplin dalam pelaksanaan tugas ASN dan tidak ada pembiaran terhadap pelanggaran yang terjadi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00