Siapkan Belajar Tatap Muka, Disdikbud Aceh Singkil Bagi 24.000 Lebih Masker Ke Sekolah

KBRN:  Sebagai persiapan Belajar Tatap Muka yang akan diadakan pada Januari 2021, Pemerintah Daerah Aceh Singkil, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil membagikan 24.262 Masker ke sekolah-sekolah.  Masker yang dibagikan merupakan bantuan dari Pemerintah Aceh, dalam mensukseskan Program Gerakan Masker Sekolah (GEMAS) di Provinsi Aceh.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, Khalilullah, SPd, kepada RRI, Jumat (04/12/2020) menjelaskan, penerima masker program GEMAS yaitu dari tingkat SD/MI, SLTP/MTs, SLTA, SMK, dan SLB, namun tidak termasuk PAUD.  Pendistribusian dilakukan mulai pembukaan program Gemas, pada tanggal 2 Desember sampai Sabtu, 5 Desember 2020.

“Memang tanggal 1 pendistribusian ke Kabupaten/Kota, tanggal 2 kemarin itu pendistribusian sekolah langsung ke Peserta didik.  Alhamdullilah,  kita sudah monitor laporannya, untuk seluruh Aceh Singkil seluruhnya sudah didistribusikan. Satu siswa satu masker, masker kain yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Aceh, tidak ada kekurangan, dan semuanya memperoleh,” papar Khalilullah.

Dikatakan Khalilulah, meskipun seluruhnya telah didistribusikan ke sekolah-sekolah, namun kemungkinan masih ada siswa/i yang belum mendapat masker.  Karena sistem ujian di sekolah dilakukan dengan sistem shift atau berjadwal.

“Hanya saja, ada beberapa kelas karena sistem shift, itu mungkin dibagikan hari ini atau besok, sesuai dengan jadwal.  Karena kita dapat laporan kelas 1, kelas 2 biasanya hadir Senin Selasa, Kelas 3 dan kelas 4 masuk Rabu Kamis, Kelas 5 6 itu hari Jumat dan Sabtu, begitu seterusya.  SLTP juga kelas tujuh dua hari, kelas delapan dua hari, dan kelas 9 dua hari,” ujar Khalillulah.  

Adapun total jumlah masker yang dibagikan untuk tingkat SD/MI maupun SMP/MTs yaitu sebanyak 24.262 masker se Kabupaten Aceh Singkil.  Untuk tingkat SD tersebar di 110 SD Negeri, dengan rincian untuk Guru SD sebanyak 1.168 masker dan untuk murid SD sebanyak 16.865 masker.  Sedangkan untuk tingkat SLTP/sederajat tersebar di 40 SMPN.  Dengan rincian jumlah masker yang diberikan yaitu sebanyak 578 masker untuk Guru SLTP, dan sebanyak 5.651 masker untuk murid SLTP.

Khalilullah berharap dengan adanya pembagian masker tersebut, akan dapat dimanfaatkan saat pelaksanaan Belajar Tatap Muka.  Sehingga setiap guru maupun siswa tetap menjalankan protokol kesehatan secara menyeluruh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00