Lonjakan Covid 19 Meningkat Tajam, Pemda Gelar Pertemuan Lintas Sektor

Pertemuan Advokasi Lintas Sektor Pemda Aceh Singkil

KBRN:  Lonjakan Covid 19 meningkat tajam, Pemerintah Daerah Aceh Singkil menggelar Pertemuan  Advokasi Lintas Sektor Dalam Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit.  Pertemuan yang digelar di Opproom Kantor Bupati Aceh Singkil, Kamis (03/12/2020) dipimpin oleh Sekretaris Daerah Aceh Singkil.

Sekretaris Daerah Aceh Singkil, Drs. Azmi, dalam penyampaian Pidato Bupati menyampaikan kegiatan Rapat sangat penting, karena membahas masalah yang melatarbelakangi lonjakan penyebaran Covid di Aceh Singkil sangat tajam.

"Kalau kita ambil persentase, lebih kurang 20 persen masyarakat kita yang sudah melakukan SWAB.  Dari  894 masyarakat yang kita SWAB, yang positif 177 orang.  Berarti jumlah masyarakat kita yang terkontaminasi atau terpapar Covid 19 lebih kurang 20 persen.  Jumlah yang sangat fantastis sekali.  Kenapa ini bisa terjadi? Tentu banyak jawaban-jawaban menurut versi kita masing-masing,” kata Azmi.

Dijelaskan Azmi, melalui Pertemuan Advokasi, Pemda melakukan komunikasi Lintas Sektoral untuk  mencari solusi untuk menekan angka penyebaran Covid 19 di Kabupaten Aceh Singkil.  Menurutnya banyak persoalan di masing-masing sektor.//

“Saya yakin banyak sekali persoalan.  Kalau kita tanya dari Puskesmas mungkin banyak menceritakan kelemahan.  Kalau kita tanya Rumah Sakit Umum pasti menceritakan: Ya kami juga sudah mulai angkat tangan dengan sikap masyarakat kita bermacam ragam.  Kalau kita tanya Satpol PP, kami sudah melaksanakan secara maksimal, makanya kita musyawarah, diskusi.  Sehingga akan kita simpulkan, kita rekomendasikan kepada Pemerintah Daerah untuk dilaksanakan,” papar Azmi.

Pantauan RRI, dalam Pertemuan juga dihadiri  Wakil Bupati Aceh Singkil, H. Sazali, S.Sos.  Turut hadir Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Nurman, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,  Khalilullah, SPd, Kepala Dinas Sosial, Drs. Iskandar, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan WH, Ahmad Yani, Para Camat, Kepala Puskesmas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan lainnya.   Dalam kegiatan, juga hadir dua narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, yaitu Kasie P2PM Dinkes Provinsi Aceh, M.Jamil, SKM, M.Kes,  dan Kasie P2PTM dan kesehatan jiwa, Dinas Kesehatan Proinsi Aceh, dr. Siti Dara Safitri, M.Kes

Hasil dari pertemuan tersebut, Pemda merekomendasikan agar dilakukan pertemuan Lintas Sektor yang lebih lengkap, yang melibatkan sampai dengan Pemerintahan Tingkat Desa. Sehingga seluruh lintas sektor ikut serta dalam pencegahan dan penanggulangan Covid 19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00