Sehari 140 Terinfeksi, Covid-19 Aceh Tembus 3.031 Kasus

Juru Bicara Satgas penanganan Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani.

KBRN, Banda Aceh : Jumlah orang positif virus corona di Aceh telah melampaui angka tiga ribu kasus. Menurut update data dari Dinas Kesehatan Aceh pertanggal 15 September 2020, ada penambahan 140 kasus sehingga totalnya sudah mencapai 3.031 orang terpapar corona.

Penambahan 140 kasus dalam sehari itu terjadi di sejumlah kabupaten kota. Sementara itu, jumlah orang yang meninggal dunia juga bertambah enam orang, sehingga total keseluruhan pasien yang meninggal dunia di Aceh akibat covid-19 menjadi 104 orang.

Masih menurut data Dinas Kesehatan Aceh, jumlah pasien yang masih dirawat di rumah sakit rujukan covid-19 bertambah menjadi 2.227 orang, sebagian pasien menjalani perawatan atau isolasi mandiri di rumah.

Sementara tingkat kesembuhan pasien tidak bertambah dalam tiga hari terakhir. Jumlah pasien yang sembuh masih mencapai 700 pasien.

Juru bicara satgas penanganan covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani mengatakan, 95,2% persen pasien yang terpapar corona di Aceh merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang harus diisolasi di rumah sakit atau melakukan isolasi diri di rumahnya.

 “OTG harus menjalankan isolasi mandiri sejak dilakukan pengambilan swab-nya hingga diperoleh hasil pemeriksaan laboratorium. Bila hasilnya negatif dapat beraktifitas kembali secara produktif. Sedangkan bagi yang konfirmasi positif terinfeksi virus corona wajib melanjutkan isolasi diri hingga mencapai waktu 14 hari,” kata pria yang akrab disapa SAG.

Ia juga mewanti-wanti masyarakat pada umumnya agar disiplin dan konsisten menjalankan protokol kesehatan karena ada banyak OTG di sekitar kita. Mereka tidak menyadari telah terinfeksi dan berpotensi menularkan virus corona kepada orang lain di sekitarnya. Karena itu dianjurkan jaga jarak dengan setiap orang dan memakai masker setiap keluar dari rumah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00