Bertambah 15 orang, Warga Positif Covid 19 di Aceh Singkil Capai 19 Orang

KBRN, Singkil:  Setelah dua orang dokter dan dua orang PNS dinyatakan Positif Covid 19, jumlah warga yang terpapar di Aceh Singkil terus bertambah.  Hasil SWAB Test yang dilakukan pada 9 Agustus 2020, Pasien Covid Positif di Aceh Singkil Bertambah 15 orang, yang termasuk di dalamnya Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid dan istrinya, Ny. Atmah. 

Baca: https://rri.co.id/daerah/882086/bupati-aceh-singkil-positif-covid-19

Dalam konfrensi Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, dr. Darul Amany kepada wartawan mengatakan hasil SWAB dari 23 orang yang dikirimkan ke Laboratorium Unsyiah Banda Aceh, didapati positif Covid 19 sebanyak 15 orang.   Empat diantaranya adalah dokter dan 11 dari masyarakat. Sedangkan dari usia, 10 orang dewasa, dan 5 orang di bawah umur.

“Dari 23 orang yang kita SWAB didapati hasil positif 15 orang. Dimana empat orang adalah dokter, dengan inisial YM (40)/Pr; AA (32)/Pr; DA (36), Lk; dan SG (52,/Lk;  Sedangkan dari pihak masyarakat, ada 11 orang, dengan inisial S (47), laki-laki; WS (48) Perempuan; AP (17) Perempuan; SM (15), Laki-laki; RJ (28); Laki-Laki, OP (19); Laki-laki; JF (14), Laki-laki, NF (9), Laki-laki; QA (7), Perempuan, D (50) Laki-laki; dan A (42), Perempuan.  Dari 15 orang ini ada dua orang pejabat publik yang terindikasi positif terkonfirmasi Covid 19,” kata dr. Darul Amany.

Dr. Darul Amany menjelaskan 15 pasien Positif Covid 19 tersebut merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG).  Seluruhnya diperkirakan terpapar Covid 19 dari dr. RK (dokter yang merupakan orang pertama dari dua dokter yang terkonfirmasi Positif di Aceh Singkil) dan dari dua PNS yang merupakan kontak erat dr. RK

“Mereka masih OTG semua.  Ada yang dari RK, dan ada dari dua yang kontak erat dengan RK.  14 dari Singkil, dan 1 dari Gunung Meriah.   Kita akan lakukan tracking kembali seperti biasa berapa mereka yang kontak erat dengan yang positif 15 tersebut” jelas dr. Darul Amany.

Sementara dua dokter dan dua PNS yang terlebih dahulu dinyatakan terkonfirmasi Covid 19 merupakan warga Kecamatan Singkil. Dengan demikian dari total 19 pasien 18 diantaranya merupakan warga Kecamatan Singkil, sedangkan 1 orang merupakan warga Gunung Meriah.

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19, masyarakat diminta tidak panik dan tetap menjaga protokol kesehatan.   Karena peningkatan yang cepat tidak menutup kemungkinan jumlah akan bertambah.

“Karena daerah kita cukup cepat peningkatan jumlahnya, dalam dua hari ini sudah menjadi 19 orang.  Tidak tertutup kemungkinan akan bertambah lagi, apabila kita tracking ke depannya.  Jadi harapan kita masyarakat tetap waspada, protokol kesehatan tetap dijalankan, masker tetap dipakai.  Walaupun kita lihat tidak ada, seperti biasa-biasa saja. Covid ini nyata adanya, dan sudah makin bertambah untuk wilayah kita,” himbau dr. Darul.

Sebagai tindak lanjut, Tim Gugus Tugas bekerjasama dengan Tim Surveylance Dinas Kesehatan Aceh Singkil dan Puskesmas Singkil akan melakukan Tracking terhadap kontak erat seluruh warga yang positif terpapar Covid 19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00