25 NAPI Rutan Sabang diusulkan Remisi HUT RI, Kebanyakan NAPI Narkoba

25 WB Rutan Sabang diusulkan Remisi Umum HUT Kemeerdekaan RI
Rutan Sabang
Ka.Rutan Kota Sabang_M. Nasir SH, M.H
WB Rutan Sabang

KBRN, Sabang : Sebanyak 25 Warga Binaan (WB) Rutan Sabang diusulkan mendapatkan Remisi Umum dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 75 tahun ini. Dari remisi ini tidak ada WB yang langsung bebas dari Rutan Kota Sabang.

Sebanyak 25 Warga Binaan (WB) Rutan Sabang diusulkan Remisi (pengurangan masa pidana) dalam rangka HUT kemerdekaan RI ke 75 kepada Direktorat jenderal Pemasyarakatan. Dari ke 25 Wb yang diusulkan kebanyakan dari NAPi Narkoba yakni sebanyak 16 orang, dan dan tindak pidana umum lainnya sebanyak 9 orang. Rata-rata para Napi ini sudah menjalankan setengah masa pidana dan ada yang sudah hampir menyelesaikan masa pidana dan akan menjalalni pembebasan bersyarat, Cuti bersyarat dan program asimilasi.

Dalam keterangannya Kepada RRI,  Kepala Rutan Kota Sabang M. Nasir S.H, M.H, Rabu (12/8/2020), pihaknya tengah menantikan Surat Keputusan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan di Jakarta terkait usulan itu. Ditambahkan dari pemenuhan hak-hak NAPI  selama ini, Seluruh WB yang diusulkan Remisi umum HUT Kemerdekaan RI ke DJP umumnya disetujui karena memenuhi persyaratan yang berlaku.

“benar kita sudah usulkan sebanyak 25 NAPi ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, dan saat ini kita masih menunggu Surat Keputusan dari DJP, Disini kita usulkan semuanya karena rata-rata mereka memenuhi dalam menjalani pidananya mereka sangat bekerjasama dengan kita dan bersedia mengikuti seluruh bentuk program dalam rutan” ujarnya Rabu (12/8/2020).

Ditambahkan M. Nasir remisi atau potongan masa pidana para WB ini antara 1 hingga 3 bulan. Sedangkan pada tahun ini tidak terdapat WB yang langsung bebas atau Remisi Umum (RU2) bebas langsung dari Rutan Sabang. Padahal banyak Napi yang berharap dapt berkumpul kembali bersama keluarga.

“ untuk RU2 duanya  tahun nihil, rata-rata potongan masa pidanya antar 1 bulan hingga 3 bulan, harapan mereka memang dapat berkumpul kembali dengan keluarga. Tapi remisi ini walaupun potongannya terbatas juga memberi harapan mereka untuk segera berkumpul dengan keluarga” tambahnya.

Diharapkan dalam prosesi Pemberian SK Remisi Umum HUT Kemerdekaan RI ke 75 tahun ini, akan dihadiri Walikota Sabang Nazaruddin SI. Kom  secara simbolis dan bertempat di Rutan Sabang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00