Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Perbatasan Aceh-Sumut Akan Ditutup Lagi

Angkutan umum antar provinsi menjalani pemeriksaan petugas untuk mencegah penyebaran virus Corona

KBRN, Banda Aceh : Perbatasan Aceh dengan Sumatera Utara akan ditutup kembali seiring bertambahnya kasus positif virus Corona di daerah ini dalam beberapa hari terakhir. Rata-rata kasus Covid-19 yang ditemukan di Aceh merupakan warga yang baru pulang dari Sumut. 

Hal tersebut dibenarkan oleh Direktur Lalulintas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani. Kata Dicky, perbatasan yang akan ditutup kembali adalah di wilayah Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Subulussalam dan Aceh Singkil. 

"Akibat bertambah setiap hari  korban Covid 19 di Aceh, ada kemungkinan perbatasan Aceh Sumut akan diberlakukan seperti saat Lebaran kemarin (ditutup)," kata Dicky di Banda Aceh, Kamis (25/6/2020). 

Dia menyebutkan, akan ada pembatasan bagi penumpang yang melintas baik itu kendaraan angkutan umum dan kendaraan pribadi. 

"Angkutan umum dari Sumut dilarang masuk ke Aceh. Barang2 logistik dan BBM masih boleh masuk Aceh," tegasnya. 

Dia menyatakan, pihaknya saat ini masih melakukan koordinasi dengan pemerintah Aceh terkait langkah penutupan perbatasan Aceh-Sumut. 

"Saya akan mengadakan pertemuan terlebih dahulu dengan Pemda Aceh untuk menentukan langkah-langkah dalam penutupan perbatasan bagi angkutan umum yang akan masuk ke Aceh," ujarnya. 

Update kasus positif Covid-19 di Aceh yang dirilis pada Kamis (25/6/2020), ada 13 orang terpapar virus Corona, termasuk satu diantaranya adalah warga negara asing (WNA) Filipina. 

"Bertambah 13 orang lagi, termasuk 1 WNA asal Philipina, sehingga akumulasi positif Covid-19 Aceh sudah mencapai 66 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Aceh Saifullah Abdulgani. 

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh hari ini sebanyak 2.253 orang. Ada penambahan ODP baru sebanyak 5 orang dibandingkan data kumulatif kemarin, yang sebanyak 2.248 orang. 

“ODP yang masih dalam pemantauan Gugus Tugas Covid-19 kabupaten/kota saat ini sebanyak 37 orang. Sedangkan sebanyak 2.216 orang sudah selesai menjalani proses pemantauan atau isolasi secara mandiri,” jelas SAG. 

Sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), lanjutnya, sebanyak 119 kasus. PDP yang masih dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19 kabupaten/kota saat ini, sebanyak 3 orang. PDP di Aceh yang sudah sembuh sebanyak 115 orang. PDP yang meninggal dunia hanya 1 orang. PDP itu meninggal pada 26 Maret 2020. 

Sedangkan jumlah orang yang Positif Covid-19 hingga saat ini sudah mencapai 66 orang. Pasien positif Covid yang masih dirawat sebanyak 44 orang, sudah sembuh 20 orang, dan 2 orang meninggal dunia. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00