Angka Pelanggaran Qanun Aceh Tinggi, Ini Himbauan Bupati!

KBRN, Aceh Singkil:  Bupati Aceh Singkil meminta semua pihak ikut serta dalam menekan angka pelanggaran Qanun Aceh di Kabupaten Aceh Singkil.  Karena sesuai dari data Kejaksaan Negeri Aceh Singkil, di Aceh Singkil, pada tahun 2019 terdapat 15 perkara Qanun, yang terdirik dari Perkosaan 3 perkara Perkosaan terhadap anak 6 Perkara, Zina 1 Perkara, Zina dengan anak 3 Perkara, dan Pelecehan seksual 1 Perkara.

Di jajaran Pemerintahan, Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid meminta dinas-dinas terkait agar dapat menyampaikan sosialisasi dalam upaya menekan kriminalitas, secara khusus terkait pelanggaran Qanun Aceh tersebut.  Bupati juga meminta dukungan instansi vertikal.

“Saya sudah sampaikan kepada seluruh instansi terkait supaya ini disosialisasikan.  Angka kriminalitas yang terjadi ini tolong jangan terjadi lagi.  Karena sudah angka yang paling tinggi.  Dan kepada semua instansi vertikal juga agar membantu mempublikasikan.  Karena perlu sosialiasi kepada orangtua dan masyarakat, sehingga bisa mewaspadai anaknya, untuk terus dalam pengawasan orangtua,” kata Dulmusrid.

Sementara kepada  pihak sekolah dan orangtua dihimbau agar lebih mengawasi anak-anak sekolah dalam penggunaan telepon genggam (Handphone).

“Itu akan kita sampaikan kepada Kepala Sekolah.  Jika jaringan medsos itu bisa menambah kerusakan terhadap siswa, jangan dikasih.  Boleh pakai HP tapi yang manual, tidak yang punya paketan.  Tapi ini kan tergantung orangtuannya,” tegas Dulmusrid.

Lebih lanjut Bupati, Dulmusrid mengatakan selain sosialisasi dari Dinas terkait dan pengawasan terhadap anak-anak, Dulmusrid juga menekankan pentingnya meningkatkan ceramah-ceramah agama, sehingga dapat meningkatkan keimanan masyarakat, yang diharapkan dapat mengurangi niat jahat dalam melakukan kriminalitas, maupun pelanggaran Qanun.

“Memang ini tergantung manusianya, toh kita sampaikanpun, kalau memang ada niat dan itikad, angka kejahatan itu akan sulit dibendung,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00