Perbankan Diminta Tunaikan Zakat melalui Baitul Mal  

KBRN, Banda Aceh : Pelaksana Tugas Kepala Baitul Mal Aceh, Drs Mahdi Ahmadi, MM meminta Perbankan yang beroperasi di Aceh menunaikan zakat melalui Baitul Mal. 

Permintaan tersebut disampaikan Mahdi Ahmadi saat membuka Sosialisasi dan Edukasi Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF) di Asrama Haji, Kamis (5/12/2019).

"Kita imbau kepada perbankan yang beroperasi di Aceh untuk membantu para masyarakat miskin dengan menyalurkan zakat melalu Baitul Mal," katanya.

Ia menjelaskan, ambahkan selama ini baru Bank Aceh yang menyalurkan zakat karyawannya ke Baitul Mal, sedangkan bank-bank lain masih belum melakukannya. Padahal, pihak Baitul Mal Aceh sudah pernah menyurati bank-bank tersebut agar mereka zakatnya disalurkan melalui Baitul Mal setempat.

Mahdi Ahmadi juga menyampaikan zakat yang dikelola selama ini disalurkan kepada mereka yang membutuhkan melalui program-program produktif. Di antara program pemberdayaan zakat produktif yaitu Gampong Produktif dan Modal Usaha Bergulir.

Program ini telah banyak memberikan manfaat kepada mustahik, bahkan ada di antara mereka yang sudah menjadi muzaki. Walaupun ada yang belum menjadi muzaki tetapi tidak lagi menjadi orang yang berhak menerima zakat karena ekonomi mereka sudah mencukupi.

"Dengan program-program tersebut harapan kita dapat menurunkan angka kemiskinan di Aceh, oleh karenanya kita meminta para orang kaya untuk mengeluarkan zakatnya," ujarnya.

Kegiatan sosialisasi dan edukasi ZISWAF tersebut mengundang perwakilan perbankan di Banda Aceh, lembaga profesi, mustahik binaan (calon muzaki), perwakilan kampus, dan beberapa lembaga lainnya. 

Hadir sebagai pemateri mewakili akademisi, Dr Armiadi Musa, MA, ulama muda, Ustaz Masrul Aidi, dan dari Baitul Mal diisi oleh Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Rahmad Raden.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00