409 Siswa di Aceh Besar Bersaing di KSM Kementerian Agama

Kakankemenag Aceh Besar di wakili Kasubbag tata usaha H Khalid Wardana, melakukan monitoring pada hari terakhir kompetisi sains madrasah (KSM), Senin (15/8/2022) di komplek Madrasah Terpadu Tungkob Kecamatan Darussalam.(Foto/RRI/Dok Kemenag Aceh Besar).

KBRN, Kota Jantho : Kementerian Agama RI secara serentak menggelar kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) untuk tingkat kabupaten/kota mulai tanggal 13 - 15 Agustus 2022 untuk 3 jenjang pendidikan, ibtidaiyah, tsanawiyah dan aliyah.

Kegiatan ini tidak hanya di ikuti siswa dari madrasah tetapi dari sekolah umum.Di Kabupaten Aceh Besar KSM di pusatkan di komplek madrasah terpadu Tungkop di ikuti 409 siswa dan di buka oleh Kepala Kankemenag Aceh Besar, H Salman Arifin SPd MAg Sabtu (13/8/2022). 

Untuk jenjang Madrasah Aliyah berlangsung hari Sabtu (13/8/2022), peserta 191 siswa dengan mata pelajaran matematika, biologi, fisika, kimia, ekonomi dan geografi.Jenjang Madrasah Tsanawiyah berlangsung Ahad (14/8/2022) di ikuti 109 siswa dengan 3 mata pelajaran matematika terintegrasi, IPA terintegrasi dan IPS terintegrasi.

Sedangkan jenjang madrasah ibtidaiyah di laksanakan hari ini, senin (15/8/2022) di ikuti 109 siswa dengan 2 mata pelajaran matematika terintegrasi dan IPA terintegrasi.

Dalam sambutannya H Salman menyampaikan agar ajang kompetisi bergengsi ini melahirkan siswa yang berkualitas yang mampu menjadi duta KSM untuk tingkat Provinsi dan Nasional.

Even ini menjadi ajang evaluasi dan seleksi untuk memilih siswa terbaik dalam bidang sains. Untuk itu di butuhkan usaha dan bimbingan dari dewan guru dan orang tua. Pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh stakeholder terutama madrasah, seksi Penmad dan Kelompok kerja madrasah (K2M) yang telah memfasilitasi terlaksananya kompetisi KSM.

Kepala seksi pendidikan madrasah selaku penanggung jawab KSM, Suryadi SAg menjelaskan, hasil dari KSM tingkat Kabupaten akan di pilih 3 siswa dengan nilai terbaik untuk di bina dan di persiapkan mengikuti KSM tingkat Provinsi Aceh. 

"Melihat kemampuan dan petensi yang ada, Kemenag Aceh Besar optimis akan berhasil mengirimkan duta KSM terbaik, sebagaimana 3 tahun yang lalu salah seorang siswa MIN 31 Leupung, Syahril Ramadhan lolos ke KSM tingkat nasional,"tambahnya.

Sedangkan Kasubbag Tata Usaha H Khalid Wardana yang melakukan monitoring pada hari terakhir kegiatan mengungkapkan bahwa kegiatan KSM bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin, dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

"Di samping itu menjadi wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa dan menjadi spirit untuk melahirkan ilmuan yang menguasai iptek dan imtaq di masa mendatang,"ujarnya.

Kegiatan kompetisi sains untuk siswa madrasah mulai di gelar sejak tahun 2012 sampai 2017 di lakukan secara konvensional. Sedangkan mulai tahun 2018 sampai sekarang di laksanakan dengan berbasis teknologi dan mengelaborasi sains dengan konteks nilai nilai Islam.(*)

Kakankemenag Aceh Besar di wakili Kasubbag tata usaha H Khalid Wardana, melakukan monitoring pada hari terakhir kompetisi sains madrasah (KSM), Senin (15/8/2022) di komplek Madrasah Terpadu Tungkob Kecamatan Darussalam.(Foto/RRI/Dok Kemenag Aceh Besar).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar