Pansus DPRK Nagan Raya Periksa LPJ Bupati Tahun Anggaran 2021

Tim Pansus DPRK Nagan Raya terhadap Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Bupati Nagan Raya tahun anggaran 2021 saat di Setdakab setempat, Jumat malam 24 Juni 2022

KBRN, Nagan Raya : Tim Panitia khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Nagan Raya terhadap Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Bupati Nagan Raya tahun anggaran 2021.

Pansus DPRK Nagan Raya turun langsung ke lapangan dan mendatangi sejumlah Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) hinga Jumat malam 24 Juni 2022.

Ketua Tim Pansus DPRK Nagan Raya, Zulkarnain, mengatakan, diantara SKPK yang didatangi anggota dewan hingga malam hari yaitu, Setdakab setempat, BPKD, BPKSDM dan Bappeda. 

Zulkarnain asal daerah pemilihan (Dapil)-III itu bersama anggota DPRK Nagan Raya lainnya yaitu, Jonniadi,SE, Junid Arianto, Sigit Winarno, Hj Puji Hartini ST MM dan Zahara Hasma,SP mereka ke lapangan hingga  22.00 WIB. Sebelumnya, pagi sampai sore, Tim Pansus ke RSUD Sultan Iskandar Muda Nagan Raya.

Menurut Zulkarnain, ruang lingkup Pansus LPJ meliputi pemeriksaan berbagai kegiatan SKPK terkait  pelaksanaan anggaran tahun 2021.

"Baik anggaran yang digunakan untuk kegiatan operasional kantor maupun pengadaan barang dan jasa," kata Zulkarnain, Sabtu 25 Juni 2022.

Dikatakan, Tim Pansus didampingi Kepala instansi masing-masing, memeriksa sekitar 49 SKPK Nagan Raya. 

Biasanya Pansus dimulai pukul 10.00 hingga pukul 18.00 WIB, tetapi ini hingga malam hari, karena, untuk mengejar waktu, mengingat banyaknya SKPK yang di Pansus dalam waktu yang sangat singkat.

"Walaupun sampai malam hari, Tim Pansus dan para pejabat pendamping merasa enjoy atau nyaman, karena meskipun pemeriksaannya detail dan  ketat, tetapi dilakukan dengan santai, sehingga tidak begitu terasa lelah," ujar Zulkarnain.

Zulkarnain merinci, Pansus memeriksa kegiatan rehabilitasi gedung perkantoran, pengadaan komputer dan printer, mobiler serta sejumlah kegiatan pengadaan lainnya.

"Semua lengkap. Selama kegiatan Pansus LPJ, para Kepala SKPK menunjukkan sikap kooperatif dan memfasilitasi Tim Pansus dengan memberikan berbagai dokumen yang diperlukan," sebutnya

Lanjut Zulkarnain, Tim Pansus LPJ nantinya akan membuat laporan sesuai dengan fakta-fakta yang ditemukan dan akan disampaikan kepada pimpinan DPRK dalam rapat paripurna. Selanjutnya laporan Pansus akan menjadi bahan bagi Badan Anggaran (Banggar) DPRK Nagan Raya untuk melakukan pembahasan dengan pihak SKPK setempat.

Sebagaimana diketahui, sebelum Pansus LPJ, ada Pansus Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati tahun 2021 yang diketuai Zulkarnain bersama 9 orang anggota dewan.

"Pansus LKPJ membahas tentang kinerja Bupati Nagan Raya terkait capaian capaian kenerja selama tahun 2021, pelaksanaan qanun dan aturan perundangan lainnya serta realisasi visi dan misi dan program Pemerintah Kabupaten Nagan Raya," katanya

Sekretaris Daerah (Sekda) Nagan Raya, Ir H Ardimartha, menyampaikan apresiasi kepada tim Pansus LPJ Bupati Nagan Raya yang telah bekerja siang malam tanpa kenal lelah.

"Pemerintah Kabupaten Nagan Raya menyampaikan terima kasih kepada tim Pansus LPJ atas kerja kerasnya melakukan pengawasan terhadap realisasi program kerja tahun 2021 di seluruh SKPK. Semoga kerja sama yang baik ini terus terjalin dimasa yang akan datang," kata Sekda Ardimartha.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar