Buka FLS2N 2022, Alhudri: Siswa SMK Harus Memiliki Wawasan dan Kreativitas

KBRN, Banda Aceh : Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Alhudri, MM mengatakan bahwa keterbukaan wawasan yang diimbangi dengan kreativitas serta softkill dan jiwa inovatif, sangat perlu dimiliki oleh peserta siswa SMK agar nantinya tidak terjebak dalam pengangguran terbuka.

Sebab, katanya, lulusan SMK pada dasarnya disiapkan sebagai tenaga kerja yang terampil dan profesional, kalaupun melanjutkan kuliah maka tempat yang tepat adalah perguruan tinggi berbasis vokasi.

Hal itu disampaikan Alhudri saat membuka kegiatan Seleksi Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMK Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2022. Kegiatan yang berlangsung dari 27 sampai dengan 30 Mei 2022 itu diselenggarakan pada salah satu hotel di Banda Aceh. Jumat (27 Mei 2022).

"Maka caranya adalah dengan meningkatkan keterampilan, wawasan dan daya saing peserta didik (siswa) yang salah satunya dilakukan melalui penyelenggaraan festival lomba seni siswa nasional atau FLS2N seperti saat ini," kata Alhudri.

Alhudri menuturkan, FLS2N jenjang SMK merupakan kegiatan tahunan yang diprogramkan oleh Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi serta didukung sepenuhnya oleh Dnas Pendidikan Aceh untuk melahirkan talenta muda yang kreatif dan inovatif, agar peserta didik SMK di Aceh semakin meningkatkan keterampilan yang bermuara pada meningkatkan kelulusan SMK siap kerja.

Kegiatan seperti ini katanya, juga dapat dijadikan sebagai penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik yang bertujuan agar lulusan SMK mempunyai kompetisi tinggi baik hard skill maupun soft skill.

Adapun penguasaan kompetensi di bidang lomba nantinya, bisa menjadi bekal dalam bidang jasa yang produktif dan bernilai ekonomi. Latihan dan olah seni dapat menumbuhkan kreativitas dan ekspresi yang kuat bagi peserta didik.

"Dengan olah seni kelulusan dan harmonisasi antara wacana dan fakta diasah menjadi satu kreativitas yang memperkuat kecakapan dan peserta didik dalam kepekaan kepedulian dan toleransi," ujar Alhudri.

Allhudri berharap, melalui kegiatan ini dapat tercapainya kreativitas peserta didik dalam bidang lomba budaya dan berkembangnya sikap kompetitif dalam diri peserta didik serta terasa kepekaan peserta didik dalam menghargai seni dan karya orang lain.

Karena dengan berkembangnya bakat dan minat khususnya di bidang lomba budaya dan potensi peserta didik dikenal di dunia usaha dan industri khususnya ekonomi kreatif serta komunitas di bidang seni.

Alhudri juga mengucapkan selamat kepada para pemenang yang nantinya insya Allah akan mewakili nama provinsi Aceh di tingkat nasional, serta bagi yang belum mendapatkan juara jangan berkecil hati karena semuanya merupakan peserta terbaik yang telah mewakili daerah masing-masing.

"Pada kesempatan ini saya juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih setingginya kepada dewan juri baik dari kalangan akademisi, praktisi dan profesional agar nantinya dapat menilai secara objektif, sehingga yang terpilih nantinya betul-betul yang layak dan pantas," tutup Alhudri.

FLS2N tahun 2022 ini melombalan berbagai bidang seni, diantaranya menyanyi solo, sitar solo, film pendek (fiksi dan dokumenter), monolog, tari tradisional, musik tradisi daerah, dan berbagai lomba seni lainnya. Sementara peserta berasal adalah para siswa SMK dari berbagai daerah di Aceh.[*]

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar