Pemko Terus Genjot Impementasi Geber Santun di Sabang

KBRN, Banda Aceh : Pemerintah Kota Sabang terus melakukan upaya dalam rangka mendorong terwujudnya Sabang bebas dari buang air besar sembarangan, melalui aksi Gerakan Bersama sanitasi aman dan tuntas (GEBER SANTUN).

Salah satu upaya yang dilakukan antar lain pembangunan 34 Unit toilet (WC) secara gratis bagi masyarakat, yang belum memiliki toilet pribadi di kediamannya.

Sekretaris Daerah Kota Sabang, Drs. Zakaria MM atas nama pemerintah Kota Sabang mengatakan, akses sanitasi yang layak di Kota Sabang saat ini sudah mencapai angka 98,6 persen. Untuk itu 1,4 persen yang tersisa akan segera dituntaskan melalui berbagai program, termasuk pembangunan 34 Unit toilet (WC) secara gratis untuk masyarakat yang belum memiliki akses sanitasi yang layak dan masih berperilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

“Kami menekankan kepada Gampong yang belum Open Defecation Free (ODF) atau masih ditemukan praktik BABS, baik karena persoalan akses sanitasi maupun karena perilaku warganya, agar dapat dijadikan prioritas sehingga persoalan tersebut dapat dituntaskan sesegera mungkin" Ucap Sekda Kota Sabang, Selasa (25/1/2022).

Dia mengajak semua pihak dari berbagai lapisan masyarakat, untuk mendukung upaya yang dilakukan pemerintah Kota Sabang, dalam mewujudkan Kota Sabang Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar