Pemkab Bener Meriah Mulai Vaksinasi Booster (Dosis 3) untuk Masyarakat

KBRN, Banda Aceh : Pemerintah Kabupaten Bener Meriah secara resmi memulai program vaksinasi Booster perdana Covid-19 dengan menggunakan vaksin Pfizer separuh dosis (0,15 ml) yang dipusatkan di Aula Polres Bener Meriah, Rabu (19/1/2022).

Vaksin Pfizer diperuntukkan bagi masyarakat yang dalam enam bulan terakhir sudah divaksin dosis satu dan dosis dua.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bener Meriah diwakili oleh Kabid P2P Gazali, S.KM. disela-sela meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Booster perdana tersebut menyampaikan, masyarakat yang akan menerima vaksin booster (lanjutan) ini ada beberapa syarat. Calon penerima vaksin harus menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan KTP, berusia 18 tahun keatas dan sudah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap yaitu dosis 1 dan 2 minimal 6 bulan sebelumnya.

Regimen dosis lanjutan yang diberikan mulai Januari 2022 adalah, untuk sasaran dengan dosis primer Sinovac, maka diberikan vaksin Astra Zeneca half dose sebanyak 0,25 ml, Pfizer half dose atau 0,15 ml. Sedangkan untuk sasaran dengan dosis primer Astra Zeneca maka diberikan vaksin Moderna separuh dosis atau 0,25 ml dan Pfizer separuh dosis 0,15 ml, papar Gazali S.KM.

“Pemberian vaksin ini dilakukan melalui 2 (dua) mekanisme yaitu, Homolog dan Heterolog. Homolog yaitu pemberian vaksin booster ini digunakan jenis vaksin yang sama dengan vaksin sebelumnya (dosis 1 dan 2) yang sudah diterima. Sedangkan, Heterology yaitu diberikan jenis vaksin yang berbeda dengan vaksin yang sudah diterima sebelumnya,” terang Gazali, S.KM.

Terkait dengan tata cara pemberian vaksin booster, Kabid P2P menjelaskan, 1). Penyuntikannya sama seperti dengan vaksin primer (1 dan 2) dilakukan secara intramuskular di bagian lengan atas. 2). Penyuntikan half dose (setengah dosis) dengan menggunakan ADS 03 ml yang telah diberikan ukuran dosis 0,15 ml dan 0,25 ml. "Sedangan bagi daerah yang belum menerima ADS maka dapat memanfaatkan ADS yang tersedia seperti Pfizer yang sekarang kita gunakan," imbuh Gazali.

Sementara Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bener Meriah Ilham Abdi, S.STP, M.AP yang ikuti menerima vaksin booster perdana ini mengungkapkan bahwa vaksin booster diberikan kepada masyarakat ini adalah sebagai perlindungan ekstra terhadap serangan/wabah Covid-19 yang sampai sekarang terus melanda dan terakhir adalah varian Omicron.

Ilham Abdi, S.STP, M.AP yang juga merupakan Kadis Kominfo Kabupaten Bener Meriah berharap dengan vaksinasi booster (dosis ke-3) dapat mencegah bahkan membasmi wabah Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Bener Meriah.(kominfo-bm)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar