Cegah KDRT, Dinas PPPAKB Kabupaten Bener Meriah Lakukan Sosialisasi

KBRN, Banda Aceh : Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Bener Meriah melakukan Kegiatan Sosialisasi Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan Anak yang dilangsungkan diaula Pusaka Linge Kampung Baleatu Kecamatan Bukit, dibuka langsung oleh Kepala Dinas PPPAKB Susnaini, S.Ag mewakili Plt. Bupati Kabupaten Bener Meriah, Kamis (25/11/2021). 

Kadis PPPAKB Kabupaten Bener Meriah dalam pidato pembukaannya menyampaikan, KDRT dan terhadap Anak adalah perbuatan dalam lingkup rumah tangga terhadap seseorang terutama perempuan maupun anak, yang dapat menimbulkan penderitaan secara fisik, psikologis dan sejenisnya atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum, kata Susnaini, S.Ag. 

Sesuai dengan Undang-Undang No 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Pemerintah Daerah melalui Dinas PPPAKB berkwajiban untuk menyampaikan ini kepada masyarakat seperti yang kita lakukan pada hari ini, untuk dapat mengetahui eksistensi payung hukum ini, tentang penanganannya terkait dengan KDRT, ancaman hukuman bagi pelaku, dan cara penyelesaiannya, seperti lewat jalur mediasi, sehingga dengan sosialisasi ini para tokoh masyarakat, dan pihak lainnya akan mampu secara cerdas menangani tindak KDRT di dearahnya masing-masing, paparnya.

“Banyak sebab yang mengakibatkan terjadianya KDRT dan anak, seperti tingginya angka kemiskinan, penganguran dan angka putus sekolah serta kurang pahamnya masyarakat tentang payung hukum dan akibat yang akan ditimbulkan,” ujar Susnaini, S.Ag. 

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti 60 orang peserta yang terdiri dari perwakilan Kecamatan dan desa antara lain Reje Kampung, Tokok masyarakat, Tokoh agama, Tokoh perempuan dilaksanakan 1 (satu) hari penuh. (kominfo-bm)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar