Aceh Zona Aman Covid-19, Yuk Jangan Lengah

Foto : RRI/Munjir

KBRN, Banda Aceh : Setelah sejak sepekan terakhir menjadi satu-satunya daerah di indonesia berstatus zona bahaya covid 19, kini Provinsi Aceh sudah bebas dari zona merah. Meningkatnya angka kesembuhan dan jumlah kasus positif yang cenderung melandai, menjadi salah satu indikator daerah tanah rencong menjadi zona aman.

Sebelumnya dilaporkan berdasarkan data yang dirilis oleh satgas covid 19 nasional pada tanggal 12 September, bahwa Kota Banda Aceh menjadi satu-satunya daerah di Indonesia dengan status zona merah. Jumlah kasus covid-19 di wilayah ini meningkat cukup signifikan ditambah dengan angka kematian.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, 23 September 2021 mengatakan, status Provinsi Aceh berubah menjadi wilayah bebas zona merah berdasarkan hasil analisis data periode 13 – 19 September oleh Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional. Dari data tersebut terdapat 14 daerah ‘naik kelas’ zonasi menjadi lebih baik.

Menurut Saifullah, ada beberapa penyebab  provinsi Aceh terbebas dari zona merah, yaitu menurunya kasus postif covid 19 dan pasien sembuh juga dilaporkan terus meningkat. dalam tiga hari terakhir Ada 833 pasien dilaporkan sembuh. Hal ini tidak terlepas dari kinerja petugas medis dan tim satgas penanganan covid-19 yang terus berjuang menyembuhkan pasien dan menurunkan angka penyebaran.

Saifullah meminta kepada masyarakat agar tidak lengah dan terus disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Selain itu, upaya pemerintah Aceh untuk mengendalikan angka penyebaran covid-19, gubernur Aceh juga kembali memperpanjang pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga tanggal 4 Oktober mendatang.

Selain itu, pemerintah Aceh saat ini juga terus gencar melakukan program vaksinasi masal, vasinasi ini telah menyasar tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik hingga masyarakat.

Koordinator vaksinasi massal Pemerintah Aceh, dr. Iman Murahman, mengatakan, Cakupan vaksinasi dosis 1 di provinsi Aceh yang dilaporkan pertanggal 18 September 2021, telah mencapai 21,74 persen. Angka ini setara dengan 875,97 ribu peserta vaksin dari target yang ditetapkan sebanyak 4.03 juta orang. Sementara untuk vaksinasi dosis 2 telah tercapai 11,75 persen dari target.

Menurut dr. Iman yang juga Kepala bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh, Angkacapaian vaksinasi ini terus meningkat khususnya di wilayah Kota Banda Aceh. Hal ini tidak terlepas dari semua pihak dari TNI, dan Polri yang terus gencar ikut membantu program vaksinasi agar tercapai target.

Untuk diketahui, secara akumulatif kasus Covid-19 di Aceh sudah mencapai 37.240 orang, hingga 22 September 2021. Pasien Covid-19 yang sedang dirawat sebanyak 3.470 orang. pasien sembuh sebanyak 31.925 orang. Sedangkan kasus meninggal dunia sudah mencapai 1.845 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00