Besok, Kemenag Launching Peringatan Hari Santri, Kakanwil Ajak Jajaran Partisipasi Aktif

KBRN, Banda Aceh : Kementerian Agama RI akan melaunching Peringatan Hari Santri Tahun 2021, besok Selasa 22 September di auditorium HM Rasjidi Gedung Kemenag RI Thamrin Jakarta, launching ini dilakukan Menag RI Yaqut Cholil Qoumas.

Kegiatan yang digelar secara luring dan daring ini turut mengundang Kakanwil Kementerian Agama se-Indonesia, Kabid PD Pontren/Pakis/Pendis, Kakankemenag,  Kasi PD Pontren/Pakis/Pendis, Kamad Negeri/Swasta, dan pimpinan pesantren. 

Kakanwil Kemenag Aceh, Dr. H. Iqbal, S.Ag, M.Ag, menyikapi kegiatan tersebut mengajak seluruh jajarannya sebagaimana undangan yang dikirimkan untuk ikut serta pada kegiatan tersebut. 

"Peringatan hari santri merupakan momen penting dan punya nilai sejarah khususnya bagi santri, dan kita peringati tiap tanggal 22 Oktober, saya mengajak jajaran, dan kalangan pesantren untuk ikut aktif mengikuti launching besok," kata Iqbal, Senin (20/09/2021) malam.

Menurutnya, launching ini sebagai bentuk kesiapan kita dan rasa cinta terhadap perjuangan ulama dan santri di masa lalu. 

"Sebagai kado terindah bagi santri, kita berharap peringatan ini selalu meriah dan penuh makna, meskipun ditengah cobaan musibah Pandemi," katanya. 

Ia juga menjelaskan bulan ini Presiden Joko Widodo telah menandatangani Perpres Nomor 82 Tahun tentang Pendanaan Penyelenggaran Pesantren. 

"Kita sangat bersyukur dan bahagia dengan terbitnya perpres ini, sekaligus kita ucapkan terimakasih kepada pemimpin bangsa Bapak Presiden Jokowi atas perhatian dan kepedulian peningkatan kualitas dunia pendidikan pondok pesantren," ucap Iqbal. 

Perpres ini mengatur tentang dana abadi pesantren, yaitu dana yang dialokasikan khusus untuk pesantren dan bersifat abadi untuk menjamin keberlangsungan pengembangan pendidikan pesantren yang bersumber dan merupakan bagian dari dana abadi pendidikan.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00