FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Stok Vaksin di Aceh Menipis, Masyarakat Jangan Khawatir

Ilustrasi Foto : Ist

KBRN, Banda Aceh : Untuk mencapai Kekebalan kelompok (herd immunity), vaksinasi covid 19 harus mencapai setidaknya 60 persen dari jumlah penduduk di suatu wilayah. Khusus di Banda Aceh sudah mencapai 44,8 persen dari target sasaran 19.289 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman., SKM., M.Kes Rabu (28/7/2012) mengatakan, pihaknya optimis target tersebut dapat segera tercapai, namun persoalannya adalah ketersediaan dosis vaksin yang sudah mulai menipis, sehingga untuk saat ini tidak dapat dilakukan secara massal dan lebih diprioritaskan kepada penerima vaksin dosis kedua.

Namun kata dia, stok vaksin yang menipis bukan hanya terjadi di Banda Aceh, tapi di seluruh wilayah Aceh. Dinas Kesehatan Provinsi melaporkan, di sejumlah kabupaten/kota mulai menipis, bahkan di enam puskesmas kabupaten Aceh Utara sudah kosong.

Sementara itu Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh dr. Iman Murahman menyatakan,  pekan lalu pihaknya sudah mengajukan permohonan 100 ribu dosis vaksin ke pusat, namun yang diterima hanya 37 ribu dosis.

Iman menyebutkan, menipisnya stok vaksin juga disebabkan karena tingginya antusias masyarakat untuk melakukan vaksinasi. Kepada masyarakat juga diminta untuk terus menerapkan protokol kesehatan meski telah melakukan vaksinasi. Upaya ini untuk memutus mata rantai penularan covid-19 di Aceh. (TS/Mj) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00