Positif Covid 19 Kedua Kalinya, Begini Kondisi Bupati Aceh Singkil

KBRN, Banda Aceh : Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid dinyatakan positif Covid 19 untuk kedua kalinya hasil SWAB PCR dari Laboratorium Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Rabu (23/06/2021).  Kondisi Bupati berbeda dari kasus pertama terkena Covid 19 yang tanpa gejala.  Dimana pada kasus kedua ini  Bupati mengalami keluhan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Nruman, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Muhammad Raja Maringin, kepada wartawan, Kamis (24/06/2021) mengatakan hasil SWAB Bupati tersebut hasil pengambilan sampel pada 22 Juni 2021 atas saran dr. Spesialis Paru-paru,  karena mengalami keluhan kesehatan  setelah perjalanan dari luar daerah.

“Gejalanya yaitu badan suhunya di atas 38 derajat Celcius.  Maka dia konsul dengan doker spesialis paru-paru.  Disarankan oleh dokter spesialis paru-paru, dr. Nila Hernita agar Pak Bupati SWAB.  SWAB dilakukan tanggal 22 Juni 2021, sampel dikirim dengan sampel pegawai rumah sakit.  Nah, ternyata hasilnya untuk kedua kalinya positif Bupati kita.  Tanggal 23 Juni keluarlah salinan hasil SWAB dari Unsyiah,” kata M. Raja Maringin.

M. Raja Maringin menyebutkan, sebelum di SWAB, Bupati memang melakukan perjalanan luar daerah,  di  beberapa daerah  Zona Merah.   Dari perjalanan tersebutlah, Bupati mengalami gejala.

“Beliau itu mengalami keluhan.  Sepulang beliau dari pertemuan dari Perbankan atau OJK (Otoritas Jasa Keuangan) terkait dengan Bank Syariah Indonesia.  Perjalanan beliau dari Bali menuju Jakarta, Jakarta – Sumatera Utara, Medan, kembali lagi ke Singkil.  Disitulah beliau mengalami gejala,” tutur M. Raja Maringin.

Dikatakan  M. Raja Maringin, sejauh ini Bupati masih termasuk dalam gejala ringan.  Ia berharap kondisi Bupati akan terus membaik.

“Saat ini Pak Bupati hanya mengalami gejala ringan.   Mudah-mudahan hari kedua ini gejala ringannya itu bertambah berkurang.  Insya Allah pada hari kesepuluh nanti maka tidak akan mengalami gejala Covid lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut M. Raja Maringin mengatakan untuk pengecekan dan terapi kesehatan Bupati, Dinas Kesehatan menyerahkan ke Puskesmas Singkil, karena puskesmas tersebut yang terdekat dengan Pendopo Bupati Aceh Singkil.

“Untuk terapi dan treatement kita serahkan ke Puskesmas Singkil, karena beliau lokasinya di Singkil,” pungkasnya.

Terkait kontak erat, Dinas Kesehatan Aceh Singkil sudah  melakukan Rapid Test Antigen, secara khusus terhadap Supir dan Ajudan Bupati.  Syukur, keduanya dinyatakan non reaktif atau negatif Covid 19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00