Bireuen Tuan Rumah Pra PORA Drum Band

KBRN, Banda Aceh : Pengurus Provinsi Persatuan Drum Band Seluruh Indonesia (Pengprov PDBI) Aceh menjadwalkan Prakulifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra PORA) III digelar 19-21 Agustus 2021 di Bireuen sebagai tuan rumah penyelenggara.

"Kita sudah tetapkan Pra PORA dilaksanakan di Bireuen pada akhir Agustus 2021,"ujar Ketua Umum Pengprov PDBI Aceh, Kamaruddin Abubakar yang akrab disapa Abu Razak kepada wartawan Jumat (26/2/2021) petang.

Disebutkan, Bireuen ditetapkan sebagai tuan rumah pada rapat koordinasi dan persiapan Pra PORA Pengprov PDBI Aceh yang dilaksanakan di ruang rapat Sekretariat KONI Aceh, Banda Aceh, Jumat (26/2/2021).

Abu Razak mengatakan, Pra PORA sebagai ajang penentuan mendapatkan tiket bagi kabupaten/kota untuk bisa berlomba di PORA XIV/2022 di Pidie.

"Kita segera melakukan koordinasi dengan Pengurus Kabupaten (Pengkab) PDBI Bireuen, untuk melakukan persiapan penyelenggaraan Pra PORA," katanya. Ia berharap Pengurus PDBI kabupaten/kota segera mempersiapkan diri sehingga bisa tampil maksimal di Pra PORA dan lolos ke PORA Pidie.

Pra PORA maupun PORA Pidie juga menjadi persiapan atlet tim Drum Band Aceh menghadapi PON XXI/2024 Aceh -Sumatera Utara. Untuk diketahui Drum Band suatu cabang olahraga penyumbang medali pada PON XIX/2024 di Jawa Barat. Pada PON XX/2021 di Papua cabor ini tidak dipertandingkan.

"Drum Band adalah cabang olahraga yang menjadi andalan Aceh untuk meraih medali pada PON XXI," ujar Abu Razak. Secara terpisah Sekretaris Umum Pengprov PDBI Aceh,

Kamarsyid. S.Pd. M.Pd menyebutkan, dalam rapat koordinasi dan persiapan Pra PORA Pengurus PDBI Aceh, telah melakukan verifikasi dokumen usulan calon tuan rumah Pra PORA yakni Kota Langsa dan Bireuen.

Ia mengatakan, setelah dilakukan verifikasi, akhirnya Bireuen terpilih dan ditetapkan sebagai tuan rumah Pra PORA III yang akan digelar 19 - 21 Agustus 2021.

Kecuali Pidie tuan rumah PORA XIV/2022, sebutnya, prakualifikasi bakal diikuti 22 pengurus drum band kabupaten/kota di Aceh. Kamarsyid menjelaskan, saat ini sudah ada 23 pengurus kabupaten/kota ( Pengkab/Pengkot) PDBI di Aceh. Diantaranya lima kabupaten dan satu kota sedang dalam proses penyusunan kembali kepengurusan.

Sebelumnya KONI Aceh telah meminta Pengprov cabang olahraga yang dipertandingkan di PORA Pidie untuk menetapkan jadwal Pra PORA. PORA Pidie akan mempertandingkan 36 cabang olahraga. Cabor yang dipertandingkan itu ditetapkan dalam rapat anggota tahunan (RAT) KONI Aceh akhir tahun 2020.

Sebelum ditetapkan para Cabor itu sudah melalui proses verifikasi. Sekretaris Umum KONI Aceh, M Nasir Syamaun, SIP, MPA meminta Pengprov cabang olahraga PORA segera menentukan jadwal Pra PORA.

Ia mengatakan, Cabor yang tidak ikut PON Papua, pelaksanaan Pra PORA sebelum PON. Sedang Cabor yang ikut PON, Pra PORA harus digelar usai PON. "Untuk diketahui PON XX Papua dijadwalkan akan dilaksanakan pada 2- 3 Oktober 2021," demikian M Nasir.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00