KONI Aceh Harap Prestasi Tim Rugby Aceh Capai Final di Kejurnas

KBRN, Banda Aceh : KONI Aceh berharap prestasi tim Rugby putra bisa meningkat dan mencapai final pada kejuaraan nasional (Kejurnas) Rugby 7s yang akan digelar di Solo, Jawa Tengah, 1 - 5 Juli 2022.

Pengurus Provinsi Persatuan Rugby Union Indonesia (Pengprov PRUI) Aceh mengirimkan tim putra yang berkekuatan 12 pemain dan didampingi dua pelatih ke Kejurnas tersebut.

Keberangkatan tim Rugby Aceh dilepas oleh Wakil Ketua Umum II Bidang Pembinaan Prestasi KONI Aceh, Drs Bachtiar Hasan, M.Pd mewakili Ketua Umum, Muzakir Manaf di Sekretariat KONI Aceh, Banda Aceh, Senin (27/6/2022) pagi.

Pada kesempatan tersebut juga dilepas keberangkatn seorang pemain putri yaitu Rahma Oyana yang akan mengikuti seleksi nasional.

Untuk itu, Bachtiar juga meminta pelatih mengintruksi kepada pemain untuk dapat memainkan taktik semaksimal mungkin dan tidak asal tabrak lawan saat bermain untuk menghindari cidera.

Bachtiar meminta para pemain untuk tetap disiplin menjaga protokol kesehatan selama mengikuti Kejurnas tersebut.

Bahtiar Hasan yang juga ketua pemusatan latihan daerah (Pelatda) PON XXI/2024 berharap tim Rugby putra Aceh ada peningkatan prestasi di Kejurnas. "Kalau di PON Papua, bisa dapat medali perunggu di Kejurnas bisa menuju final, sekaligus meraih medali," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Aceh, M Nasir Syamaun SIP, MPA yang turut hadir dalam pelepasan itu, menyebutkan, KONI Aceh akan melihat hasil setiap cabang olahraga di Kejurnas untuk menyiapkan grit tertentu dalam Pelatda.

"Semoga saja tim Rugby putra Aceh yang selama ini menjalani Pelatda desentralisasi plus bisa meraih medali emas dan perak,"ujarnya.

Dalam kesempatan sama Ketua Umum PRUI Aceh, Ir P.P Andry Agung MM, mengatakan, para pemain tim putra Aceh telah berlatih kontinyu selama ini untuk menghadapi Kejurnas.

"Kejurnas menjadi penting karena sebagai indikator bagi Rigby dalam penilaian grit oleh KONI Aceh dalam persiapan atlet melalui Pelatda menghadapi PON XXI/2024 Aceh - Sumatera Utara,"sebutnya.

Kata Andry Kejurnas juga menjadi ajang rekrutmen pemain untuk tim nasional (Timnas) menghadapi kejuaraan Asia Tropi di Malaysia, Agustus mendatang dan SEA Games di Kamboja tahun depan.

Ia juga mengatakan, Kejurnas bakal diikuti 20 provinsi dari berbagai provinsi. Tim putra Aceh berkekuatan 12 pemain yang didampingi dua pelatih yaitu Septi Hariansyah dan Aswadi.

Menurut Andry, tim putra Aceh yang sedang menjalani Pelatda, meski belum mencapai peak (puncak) tetapi sudah mendekati - ditargetkan Agustus - siap menghadapi setiap lawan di Kejurnas. "Kita tidak kasih beban, tapi target kita semi final," katanya.

Selain tim putra, kata Andry, PRUI Aceh juga mengirimkan seorang pemain putri yaitu Rahma Oyana untuk mengikuti seleksi nasional yang berlangsung di Solo.

Ia menambahkan, pemain yang masuk Timnas dinilai dari pertandingan juga ada yang talent scouting (pemanduan bakat). Begitu selesai Kejurnas langsung diumumkan pemain yang masuk Timnas.(*).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar