Pidie Geser Korem 032 Padang Perolehan Medali Sementara Kejuaraan Indonesia Open

KBRN, Banda Aceh : Tim Perpani Pidie A melejit dalam perebutan medali emas di hari kelima, Indonesia Open sekaligus sirkuit nasional (Sirnas) stage I yang telah menyelesaikan perlombaan divisi compound dan recurve di Lapangan Tugu Darussalam, Banda Aceh, Kamis (26/5/2022).

Dengan raihan tersebut tim Perpani Pidie A menggeser Korem 032 Wirabraja Padang yang sempat memimpin klasemen setelah meraih 6 emas, 4 perak 5 perunggu di divisi nasional. Pada divisi compund dan recurve hanya mendapatkan satu perak dan satu perunggu, tergusur ke urutan ke tiga.

Pada lomba divisi compound dan recurve nomor aduan perorangan, beregu putra-putri dan mix team yang berlangsung dua hari (Rabu dan Kamis), Tim Perpani Pidie A berhasil meraih 6 medali emas, 6 medali perak dan 4 medali perunggu.

Lima dari enam medali emas Tim Pidie A tersebut dipersembahkan atlet pemusatan latihan daerah (Pelatda) sentralisasi yaitu Munawarah nomor perorangan, beregu, sesi 1 divisi compund dan Muhammad Mondir nomor perorangan dan beregu divisi compound. Satu medali perak juga disumbangkan atlet Pelatda, Muhammad Mirza Lutfi.

Sebelumnya, pada lomba divisi nasional yang juga berlangsung dua hari (Senin dan Selasa) Perpani Pidie mendapat 1 medali emas dan perunggu berada di urutan ke-8 perolehan medali sementara.

Dengan tambahan raihan di divisi compund dan recurve, Perpani Pidie A telah mengoleksi 7 medali emas, 6 medali perak, 5 medali perunggu, sekaligus memimpin klasemen sementara perolehan medali.

Sementara itu, Tim Perpani Surakarta Jawa Tengah yang tidak muncul dalam perolehan medali divisi compound, berhasil meraih 7 medali emas dan 1 medali perunggu di divisi compound dan recurve, seningga berada di urutan kedua klasemen sementara perolehan medali.

"Kita sudah menyelesaikan perlombaan tiga divisi. Sebelumnya divisi nasional dan hari ini (Kamis) juga sudah selesai lomba compound dan recurve," ujar Ketua Umum Pengurus Provinsi Perkumpulan Panahan Indonesia (Pengprov Perpani) Aceh, Prof Dr Nyak Amir, M.Pd kepada wartawan usai pengalungan medali kepada pemenang divisi compound dan recurve sore tadi.

Nyak Amir menjelaskan, divisi compund dan recurve masing-masing menyediakan 9 medali emas, 9 medali perak dan 9 medali perunggu. Ada 18 medali emas, 18 medali perak dan 18 medali perunggu yang sudah diperebutkan pada divisi compund dan recurve. Sebelumnya, 22 medali emas, 22 perak dan 22 perunggu sudah diperebutkan di divisi compound.

"Hingga hari ini sudah 40 medali emas, 40 perak dan 40 medali perunggu diperebutkan dan sudah dikalungkan kepada para pemenang di tiga divisi yaitu divisi nasional, compound dan recurve," ujar Nyak Amir yang juga Sekretaris Jenderal PB Perpani.

Nyak Amir menyebutkan, tiga atlet Pelatda PON XXI/2024 berhasil meraih medali di divisi compound yaitu Munawarah meraih tiga medali emas, Muhammad Mondir mendapatkan dua medali emas, Muhamad Lutfi meraih satu medali perak. Ketiga pemanah tersebut mewakili Tim Pidie A.

"Kejuaraan panahan terbuka Indonesia atau Indonesia Open yang juga Sirnas stage I masih menyisakan satu divisi perlombaan lagi yaitu divisi barebow yang akan berlangsung Jumat dan Sabtu, 27 - 28 Mai 2022, sekaligus penutupan,"ujarnya..

Sebutnya, Indonesia Open/Sirnas stage I memperlombakan divisi recurve, compound, nasional, barebow perorangan, beregu putra-putri, beregu mix team, berlangsung 22 - 28 Mai 2022 di Lapangan Tugu, Darussalam Banda Aceh.

"Indonesia Open/Sirnas stage I ini memperebutkan 45 medali emas, 45 medali perak, 45 medali perunggu. Event ini juga memberikan piala tetap dari Pemerintah Aceh dan piala bergilir dari Perpani,"demikian Nyak Amir.

Sementara itu, Ketua Panitia Dr Kolonel (Purn) Ahmad Husein S.MA mengatakan, perlombaan yang masih menyisakan divisi barebow akan diikuti pemanah dari Aceh dan sejumlah provinsi.

"Pelaksanaan Indonesia Open mulai pembukaan, perlombaan yang sudah selesai tiga divisi yaitu nasional, compound dan recurve berjalan lancar, semoga lancar hingga lomba terakhir divisi barebow dan acara penutupan, Sabtu (28/5/2022),"demikian Ahmad Husein. (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar